• Selasa, 16 Agustus 2022

Menperekraf Dukung Upaya Gibran Buka Penerbangan Langsung Internasional Ke Solo

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 19:39 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka seusai menghadiri workshop pengembangan kabupaten/kota kreatif di Solo (Endang Kusumastuti)
Menparekraf Sandiaga Uno bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka seusai menghadiri workshop pengembangan kabupaten/kota kreatif di Solo (Endang Kusumastuti)
 
SUARAKARYA.ID: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)  Sandiaga Uno mendukung pembukaan direct flight (penerbangan langsung)  internasional ke Solo. 
 
Ini dikatakan Menparekraf menanggapi keluhan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terkait tidak adanya penerbangan langsung ke Solo. Padahal saat ini banyak event internasional yang digelar di Solo, salah satunya ASEAN Para Games (APG) XI.
 
"Jalur ini sangat prespektif mengingat ASEAN Tourism Forum juga akan digelar di Indonesia," jelas Sandiaga Uno seusai acara workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (Ka Ta) Kreatif di The Purwohamijayan, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/7/2022).
 
Sandiaga mencontohkan, Bali baru saja membuka penerbangan langsung dari Manila dan ternyata selalu penuh. Ini terjadi karena selama 2 tahun pandemi, masyarakat tidak melakukan kegiatan pariwisata.
 
"Di Solo kan juga ada ASEAN Para Games (APG) 2022, event yang besar ini kan perlu direct connection. Kan nanti juga ada G20 yang paling dekat," jelasnya lagi.
 
Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengeluhkan hilangnya penerbangan langsung Singapura dan Kuala Lumpur ke Solo.  Keluhan itu juga disampaikan langsung ke Menparekraf Sandiaga Uno.
 
"Ini saya sampaikan langsung ke beliau ketika keluar pesawat. Bukan hanya untuk ASEAN Para Games tapi juga untuk pariwisata ke depan,"  katanya.
 
Sebelumnya, putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengaku telah minta tolong kepada Menteri BUMN serta maskapai Garuda Indonesia.
 
"Kita gembar gembor promosi ra enek flight te (tidak ada penerbangan) ya percuma. Aku kat (sejak) zaman SD, SMP  bolak balik Singapura dari Solo,  lha malah ilang (hilang) bayangkan," katanya lagi.
 
Pihaknya berharap akhir bulan Juli ini akan ada penerbangan langsung ke Solo. Mengingat bulan Agustus akan ada event APG dan juga G20.
 
"Tapi kalau misalnya tidak bisa direct flight  ya terpaksa saya dari Jakarta dulu.  Wes tak siapke (sudah saya siapkan). Saiki (sekarang) pesawat Jakarta Singapura meh (hampir) Rp15 juta bayangkan," pungkasnya. ***
 
 

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ULN Indonesia Triwulan II 2022 Turun Jadi Rp6.045 T

Senin, 15 Agustus 2022 | 23:55 WIB

Telkom Indonesia Gelar Sharing P3DN di Kalangan BUMN

Senin, 15 Agustus 2022 | 19:02 WIB

BTN Gelar KPR BTN Merdeka dalam IPEX 2022

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:18 WIB

FAO Bangga Indonesia Capai Swasembada

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:02 WIB
X