• Sabtu, 13 Agustus 2022

Kendalikan PMK, Airlangga: Pemerintah Percepat Vaksinasi Hewan Ternak, Batasi Lalulintas Hewan

- Kamis, 30 Juni 2022 | 16:23 WIB
Airlangga Hartarto (Kemenko Ekonomi.)
Airlangga Hartarto (Kemenko Ekonomi.)

SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), selain menjangkiti hewan sapi, juga sudah menjangkiti kerbau, kambing, domba, dan babi.

Pemerintah pun terus melakukan berbagai upaya untuk mempercepat penanganan dan mengendalian kasus penyebaran PMK pada hewan ternak ini agar tidak samakin meluas.

Berdasarkan data dari Kementerian Pertanian per Rabu, 29 Juni 2022, PMK telah menyebar di 19 Provinsi dan 221 Kabupaten/ Kota.

Baca Juga: Malaysia Open 2022: Gregoria, Kalahlan Unggulan Pertama Kandas Di Tangan Juara Asia 2022

Seiring dengan meluasnya penyebaran PMK ke berbagai daerah, pemerintah mengambil langkah cepat dengan membentuk Satuan Petugas (Satgas) Penanganan PMK di Tingkat Nasional.

Satgas ini dibentuk melalui Keputusan Menko Perekonomian selaku Ketua KPC-PEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional), yaitu Keputusan Nomor 2 Tahun 2022.

Pemerintah juga mendorong Satgas Penanganan PMK tersebut agar bekerja cepat, melakukan percepatan vaksinasi, dan pengaturan lalulintas ternak.

Baca Juga: Deklarasi Setia Pancasila Upaya Forkompinda Jatim Ajak Khilafatul Muslimin Surabaya Raya Diterima Masyarakat

“Sudah ada Keputusan Ketua Komite PCPEN Nomor 2 Tahun 2022 tentang Satgas Penanganan PMK, dengan Tim Pelaksana yang diketuai oleh Kepala BNPB dan dibantu 5 Wakil Ketua dari Kementan, Kemendagri, Kemenko, TNI dan Polri,” kata Menko Airlangga.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: Kemenko Ekonomi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RUU PDP Wujud Pengembangan Ekonomi Digital

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:00 WIB

PJB Tanam 5000 Pohon Balangeran di Event HKAN

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:42 WIB
X