• Rabu, 10 Agustus 2022

PLN Mulai Benahi Pasokan Listrik Di Pulai Dewata, Jelang KTT G20 Di Pulau Dewata

- Selasa, 28 Juni 2022 | 10:38 WIB
Petugas PLN saat melakukan perawatan jaringan
Petugas PLN saat melakukan perawatan jaringan


SUARAKARYA.ID: PLN (Perusahaan Listrik Negara) baru mulai benahi sistem kelistrikan untuk menjamin keandalan penyaluran listrik ke Bali. Kegiatan itu dilakukan menjelang Event Internasional KTT G20 yang akan berlangsung di Pulau Dewata pada November tahun ini.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM), Didik F Dakhlan, PLN yang merupakan penyuplai energi listrik pada event tersebut berupaya agar keandalan sistem kelistrikan terus optimal. “Event Internasional KTT G20 di Bali tinggal beberapa bulan lagi, kami terus melakukan persiapan-persiapan untuk menjaga dan memperbaiki keandalan di sistem Jawa Timur dan Bali," ujarnya, Selasa (28/6/2022).

PLN melakukan pemeliharaan dan penambahan infrastruktur dari sistem 20 kV hingga sistem besar 150 kV. Selanjutnya, menjelang KTT G20, pihaknya melaksanakan pemeliharaan dan penambahan infrastrukur pada sistem Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).

Baca Juga: PJB Dan PT Indonesia Comnets Plus Kerja Sama Terkait Keandalan Sinyal Telekomunikasi

Infrastruktur ini mengalirkan energi listrik dari PLTU Paiton ke sistem kelistrikan Bali melalui Saluran Kabel Laut Tegangan Tinggi (SKLT) 150 kV Ketapang - Gilimanuk. PLN UIT JBM juag telah mengerjakan beberapa kegiatan preventif untuk memastikan kesiapan instalasi transmisi tegangan tinggi.

Mulai dari pemeliharaan peralatan GI outdoor, pemeliharaan Cable Head SKLT Jawa - Bali, pembersihan isolator di jaringan transmisi, pembangunan Bus Section, dan penguatan sistem proteksi.

"Pekerjaan ini sudah dilakukan sejak dua pekan lalu untuk tahap pertama dan tahapan kedua ini kami lakukan kembali dengan skala pekerjaan lebih besar dari Paiton-Situbondo-Banyuwangi-Gilimanuk," ujarnya.

Baca Juga: SIG dan Jamdatun Kerja Sama Penanganan dan Penyelesaian Masalah Hukum

Menurut Didik, pekerjaan pembersihan isolator sejumlah 176 tower transmisi sepanjang 187 kms dari Paiton - Situbondo - Banyuwangi yang menerjunkan 96 personel, bertujuan agar sistem pertahanan di Jaringan Transmisi tetap optimal dan menghindari terjadinya korosi pada isolator.

Pada saat yang sama, pihaknya juga melakukan pemeliharaan pada Gardu Induk (GI) di Situbondo, Banyuwangi dan Gilimanuk. “Dari GI Paiton, kami juga berhasil melakukan penambahan Bus Section 150 kV agar keandalan sistem di Jawa Timur meningkat dan suplai listrik ke Bali terus optimal,' ujarnya.

Di Bali, ada beberapa pekerjaan yang di mulai sejak kemarin (25/6/2022) seperti penggantian isolator, pengukuran tahanan isolasi, dan penggantian Ground Steel Wire (GSW), lanjut Didik menjelaskan pekerjaan di Jawa Timur dan Bali.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT Telkom Indonesia Gelar Indigo Demo Day 2022

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:59 WIB

Friktion Bersiap Luncurkan Strategi Baru Volt#5

Selasa, 9 Agustus 2022 | 06:36 WIB

KPPU Kanwil IV Tangani 13 Laporan Masyarakat

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:02 WIB
X