• Minggu, 3 Juli 2022

PLN Butuh Dana PMN Untuk Listriki Seluruh Desa Pada 2024

- Rabu, 22 Juni 2022 | 15:52 WIB
Petugas PLN saat melistriki salah satu rumah penduduk
Petugas PLN saat melistriki salah satu rumah penduduk

SUARAKARYA.ID: PLN (Persero) memanfaatkan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk merealisir target melistriki seluruh desa di Indonesia, pada 2024.

Menurut Direktur Perencanaan Korporat PLN, Evy Haryadi, hingga 2021 rasio desa berlistrik di Indonesia telah mencapai 99,7 persen, atau tersisa 293 desa belum menikmati listrik. "Dari angka tersebut, masih ada lebih dari 4.700 desa yang dilistriki secara mandiri dan belum menikmati listrik PLN," ujarnya, Rabu (22/6/2022).

Desa-desa ini mayoritas berada di wilayah di wilayah terluar, terdepan dan tertinggal (3T) yang sulit dijangkau. Sesuai prinsip sila ke-5 Pancasila, pihaknya harus memberikan akses listrik yang merata bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: PLN Sukses Gunakan 100 Persen Biomassa Untuk Bahan Bakar PLTU

Untuk bisa mencapai target tersebut, perseroan memanfaatkan dana PMN dari pemerintah dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Diakui, melistriki desa ini bukan tanpa tantangan. Karena sasaran Rasio Desa Berlistrik ini mayoritas berada di wilayah 3T dengan akses yang sulit maka secara kacamata bisnis tidak feasible.

Dia kemudian menjelaskan bahwa, untuk bisa melistriki satu kepala keluarga (KK) di desa terpencil membutuhkan paling tidak Rp25 juta hingga Rp45 juta per KK.

Baca Juga: Bank Jatim Sediakan Mesin ADM Di Seluruh Jawa Timur

"Untuk itu, di sinilah peran PMN hadir agar seluruh masyarakat meski di desa tetap bisa mendapatkan akses listrik," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X