• Senin, 15 Agustus 2022

Airlangga: Cegah Meluasnya PMK, Pemerintah Percepat Vaksinasi Hewan Ternak

- Senin, 20 Juni 2022 | 22:28 WIB
Airlangga Hartarto. (Dok Tim AH.)
Airlangga Hartarto. (Dok Tim AH.)

SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta agar berbagai regulasi terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak segera diselesaikan dan diimplementasikan.

Permintaan Menko Airlangga ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Pembahasan Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak yang digekar, Minggu (19/6/2022).

"(Hal ini) untuk mencegah makin meluasnya wabah penyakit PMK ini, serta untuk tetap menjaga kualitas hewan ternak Indonesia," kata Menko Airlangga, dikutip dari laman resmi Kemenko Ekonomi.

Baca Juga: Intip Hasil Kamera realme GT NEO 3 Dan GT NEO 3T Yang Ngebut Di Kelas Harganya

PMK sebagai Penyakit Hewan Menular (PHM) strategis, penetapan status Darurat PMK bisa diusulkan dari Bupati/Wali Kota kepada Gubernur lalu kepada Pemerintah Pusat.

Telah diterbitkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 403 dan 404 Tahun 2022 untuk menetapkan di dua provinsi, yakni Aceh dan Jawa Timur.

Pemerintah sendiri saat ini berupaya secepatnya melakukan pengadaan dan distribusi vaksin dalam jumlah besar, dan segera melakukan vaksinasi kepada hewan ternak. “Dengan ini diharapkan herd immunity bisa segera tercapai,” ujar Menko Airlangga.

Baca Juga: Tidak Jaga Kualitas Lingkungan, Pemprov DKI Cabut Izin PT KCN

Vaksinasi PMK perdana dilakukan pada 14 Juni 2022 di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, selanjutnya akan didorong untuk vaksinasi dasar yaitu 2 kali vaksinasi dengan jarak 1 bulan, serta booster vaksin setiap 6 bulan.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: Kemenko Ekonomi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BTN Gelar KPR BTN Merdeka dalam IPEX 2022

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:18 WIB

FAO Bangga Indonesia Capai Swasembada

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:02 WIB

RUU PDP Wujud Pengembangan Ekonomi Digital

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X