• Senin, 15 Agustus 2022

Kilang Kasim Terima Penghargaan Lingkungan Hidup Dari Bupati Sorong

- Kamis, 16 Juni 2022 | 10:17 WIB
Kanan - Bupati Sorong  Dr Johnny Kamuru. Kiri - Yusuf Mansur General Manager PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim  (Istimewa)
Kanan - Bupati Sorong Dr Johnny Kamuru. Kiri - Yusuf Mansur General Manager PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim (Istimewa)



SUARAKARYA.ID: PT Kilang Pertamina  Internasional Refinery Unit VII Kasim menerima penghargaan Kelestarian Lingkungan Hidup dari Bupati Sorong Dr. Johnny Kamuru.

Penghargaan itu bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Sorong yang ke 55 Tahun. 

Acara itu digelar di Aimas Convention Center (ACC), Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (15/6/2022).

Penghargaan yang diberikan oleh Bupati Sorong kepada Kilang Kasim, merupakan sebuah apresiasi tertinggi.  Di bidang Lingkungan Hidup dari pemerintah setempat.  Atas kontribusi serta komitmen dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Baca Juga: Bangun  Pangkalan Militer Indonesia Bikin Geger Dunia Meski  Agak Terlambat

 Penghargaan ini diterima langsung oleh General Manager Kilang Kasim  Yusuf Mansyur didampingi  Area Manager Comm Rell CSR & Compliance RU VII Kasim, Dodi Yapsenang.

Bupati Sorong, Johnny  Kamuru mengatakan bahwa, ia sangat mengapresiasi langkah- langkah strategis Kilang Kasim. Yang berkontribusi dalam pengelolaan Pelestarian dan menjaga lingkungan hidup di Kabupaten Sorong.

 Seperti halnya Penggargaan Proper Emas yg di terima langsung di Istana Wakil President. Juga pemberdayaan masyarakat sekitar. Penanaman mangrove dan penghijauan aktif.

Baca Juga: Kerja Sama PT KPI RU VII Kasim Dan BKSDA Papua Barat Lindungi Satwa Liar

Pembangunan sarana  prasarana di Taman Wisata Alam yang sangat Luar Biasa.

"Semoga apresiasi ini dapat meningkatkan komitmen Kilang Kasim dalam hal pengelolaan kelestarian lingkungan ," kata Bupati Kamuru.

Bupati berharap  apa yang sudah dikerjakan selama ini. Seperti penanaman dan juga penghijauan kembali lahan dan pesisir pantai.

Juga seperti halnya di TWA Sorong tentang pembangunan Klinik Karantina.  Dan Kandang Penyelamatan Satwa dapat di implementasikan di lokasi lain.

Baca Juga: Berkas Perkara Doni Salmanan Dan Indra Kenz Belum Lengkap Dikembalikan Ke Kepolisian

 "Artinya RU VII memiliki visi misi yang  perduli terhadap lingkungannya. Atau berwawasan lingkungan di samping tentunya provit dan keunggulan produk serta keselamatan kerja, diutamakan." ujar Johnny Kamuru.

Sementara itu, GM Kilang Kasim, Yusuf Mansyur membenarkan bahwa Kilang Kasim mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Sorong. Yang kali ini diberikan langsung oleh Bupati Sorong.

"Kami hari ini, sekali lagi menerima 3 penghargaan dari pemerintah Kabupaten Sorong. Semoga penghargaan ini dapat meningkatkan motivasi kami dalam menjaga kelestarian lingkungan," kata Yusuf Mansyur.

Pihaknya membuka diri untuk bekerjasama dengan stakeholder manapun. Dalam rangka menjaga kelestarian  lingkungan di kabupaten Sorong.

Area Manager Comm Rell CSR & Compliance RU VII Kasim, Dodi Yapsenang menegaskan. Selama ini pihaknya sudah memasukan unsur lingkungan dalam TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan) di Kilang Kasim.

Baca Juga: Terkait Penyesuaian Tarif  Listrik PLN Laksanakan Keputusan Pemerintah

Hal ini membuktikan bahwa upaya upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan sangat rutin dilakukan oleh Kilang Kasim, baik di insitu maupun eksitu.

"Perusahaan kami, selalu berkontrbusi dalam upaya  menjaga kelestarian lingkungan. Seperti halnya penanaman pohon endemik di sekitar wilayah perusahaan," kata Dodi.

Ia mengaku pihaknya  berkontribusi dalam penanaman mangrove di sekitar Kabupaten dan juga Kota Sorong.

" Sejak Tahun 1997, Kilang Kasim sudah melakukan penanaman mangrove. Dan dari tahun 2018 kami juga melakukan penanaman sebanyak 50.000 bibit dan 10.000 bibit pohon endemik seperti Jati Papua dan Pohon Pinang." Kata Dodi.

Ia menambahkan lagi, bahwa tidak hanya berfokus terhadap upaya kelestarian lingkungan. Tetapi juga memberdayakan masyarakat sekitar melalui program CSR.

Baca Juga: Terdeteksi 8 Kasus Covid 19 Subvarian Omicron  BA.4 Dan BA.5 Di Indinesia

"Kami tidak hanya berfokus terhadap upaya perbaikan lingkungan saja. Tetapi kami juga berfokus terhadap peningkatan kapasitas masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

"Oleh karena itu, kami berharap menciptakan lingkungan yang baik, dan dihuni oleh masyarakat yang mampu mandiri di tengah gempuran ekonomi 4.0 ini. Khususnya bagi masyarakat asli di sekitar wilayah perusahaan kita," Pungkas Dodi.


Kilang Kasim, sebelumya juga di tahun 2022 mendapat 6 penghargaan nasional. Dari berbagai lembaga independen, terkait upaya pelestarian lingkungan dan implementasi program CSR.

Selain itu, Kilang Kasim juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup yakni Proper Emas di tahun 2021.

Yang merupakan proper emas pertama bagi Indonesia Timur.

Baca Juga: Kementerian Pertanian Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Petani Di Desa Suli

Sehingga, melalui penghargaan oleh Bupati ini, dirasa Kilang Kasim sudah mendapatkan semua apresiasi baik level kabupaten hingga nasional.

Namun kendati demikian, hal ini tidak mempengaruhi komitmen Kilang Kasim.

Justru malah menjadi penyemangat untuk berkontribusi terhadap lingkungan sekitar.


Terakhir, harapannya, berbagai jenis penghargaan yang diterima Kilang Kasim, mampu dibagi kembali ke Masyarakat. 

"Dan Alam dalam bentuk perbaikan  ekonomi masyarakat.  Dan pelestarian lingkungan tentunya," tutup Dodi. ***

Baca Juga: Iko Uwais Bakal Dipanggil  Polisi Terkait Dugaan Penganiayaan

Editor: Markon Piliang

Tags

Terkini

BTN Gelar KPR BTN Merdeka dalam IPEX 2022

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:18 WIB

FAO Bangga Indonesia Capai Swasembada

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:02 WIB

RUU PDP Wujud Pengembangan Ekonomi Digital

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X