• Senin, 15 Agustus 2022

Airlangga: Pemerintah Terus Monitor Rambatan Kenaikan Harga dan Inflasi Akibat Tekanan Eksternal

- Kamis, 2 Juni 2022 | 22:58 WIB
Airlangga Hartarto (Kemenko Perekonomian )
Airlangga Hartarto (Kemenko Perekonomian )

SUARAKARYA.ID: Pemerintah akan terus memonitor dan mencermati rambatan dari tekanan eksternal, terutama kenaikan harga komoditas global yang ditransmisikan dalam bentuk kenaikan harga dan inflasi domestik.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekonomi) Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (2/6/2022), seperti dirilis di laman resmi Kemenko Ekonomi.

"Selain itu Pemerintah dan Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi komunikasi kebijakan untuk mendukung pengelolaan ekspektasi inflasi masyarakat dan menjangkar inflasi tetap terjaga di kisaran sasaran,” ungkap Menko Airlangga.

Baca Juga: Kasad: Menjunjung Tinggi Toleransi Merupakan Kekuatan Dalam Menciptakan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

Menurut Airlangga, secara umum, dampak dari kenaikan harga komoditas global terhadap inflasi IHK (Indeks Harga Konsumen) saat ini masih terbatas. Namun jika diperhatikan lebih lanjut, transmisi dari kenaikan harga pangan global pada Mei 2022 sudah terlihat pada inflasi Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB).

IHPB Mei tercatat sebesar 0,33% (mtm) atau 4,23% dengan andil penyumbang terbesar, yaitu sektor industri (0,31%). Andil sektor industri, antara lain disumbang dari kenaikan komoditas tepung terigu dan mie kering instan, seiring kenaikan harga gandum global.

Inflasi Terkendali

Airlangga menjelaskan, pencapaian inflasi Indonesia masih terkendali di tengah tren peningkatan inflasi yang terjadi di berbagai negara. Realisasi inflasi pada Mei 2022 tercatat sebesar 3,55% (yoy), sedikit meningkat jika dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 3,47% (yoy), namun tetap berada dalam rentang sasaran inflasi yang telah ditetapkan sebesar 3±1% (yoy).

Baca Juga: Dua CPNS Solo Mundur, Gibran Tegaskan Jika Ingin Kaya Jangan Jadi PNS

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: Kemenko Ekonomi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BTN Gelar KPR BTN Merdeka dalam IPEX 2022

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:18 WIB

FAO Bangga Indonesia Capai Swasembada

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:02 WIB

RUU PDP Wujud Pengembangan Ekonomi Digital

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X