• Kamis, 18 Agustus 2022

Stiamak Barunawati Beri Pelatihan Pembukuan Dan Strategi Bisnis UMKM Di Sidoarjo

- Selasa, 31 Mei 2022 | 20:23 WIB
Jajaran Stiamak Barunawati dan peserta disela pelatihan.
Jajaran Stiamak Barunawati dan peserta disela pelatihan.

SUARAKARYA.ID: Para dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan atau Stiamak Barunawati Surabaya menggelar Pengabdian Masyarakat (Pengmas) untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sidoarjo.

Pengmas yang dikemas dalam Pelatihan Pembukuan dan Strategi Bisnis UMKM 2022 ini, diikuti 25 pelaku UMKM tingkat kabupaten dan propinsi Jawa Timur yang digelar di kantor Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo.

"Ini merupakan bagian tugas kami dari kampus perguruan tinggi Stiamak. Kami para dosen selain bertugas mengajar, juga melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, berupa pelatihan kepada bapak-ibu UMKM di Sidoarjo," ujar Ketua Stiamak Barunawati Surabaya, Dr Ir Sumarzen Marzuki M MT, saat membuka kegiatan tersebut, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga: Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) Belum Ditemukan, Tim SAR Indonesia Siapkan Personil Bersertifikat Internasional

Dalam pelatihan itu, narasumber pelatihan yang juga Kaprodi Soedarman, SE MM menyampaikan tentang pembukuan keuangan. Kabag Kemahasiswaan Mudayat, SPd MM memaparkan soal strategi bisnis, dan Juli Prasetyorini SSos MM menyampaikan tentang kreativitas bisnis.

Sedangkan dua mahasiswi yang terlibat dalam kegiatan itu, masing-masing Dwi Fitri Novitasari dan Aldara Febri Windasari menyampaikan materi tentang bisnis era digital dan promosi di media sosial. Penyampaian materi pelatihan dikawal oleh Kepala LPPM Stiamak Barunawati Surabaya, Nur Widyawati SSi SE MSM.

Sementara Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo, Dr Eni Rustianingsih ST MT menyambut positif kegiatan Stiamak Barunawati Surabaya tersebut. "Ini sudah lama kami nantikan. Terima kasih Stiamak Barunawati yang sudah hadir untuk berbagi untuk kemajuan UMKM Kabupaten Sidoarjo," ujarnya.

Baca Juga: Pencarian Eril Anak Ridwan Kamil Belum Membuahkan Hasil

Menurut Eni, pemahaman tentang logistik menjadi sangat penting terkait kegiatan bisnis. "Ini cocok sekali, karena Stiamak memiliki prodi konsentrasi bisnis logistik. Sehingag ke depannya bisa berkelanjutan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X