• Sabtu, 25 Juni 2022

Dialog Ratu Maxima - Menko Airlangga Sepakat Penerapan Keuangan Inklusif Dan Digitalisasi UMKM

- Kamis, 26 Mei 2022 | 17:12 WIB
Ratu Maxima dan Menko Airlangga Hartarto (Kemenko Ekonomi.)
Ratu Maxima dan Menko Airlangga Hartarto (Kemenko Ekonomi.)

SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Her Majesty Queen Maxima (Ratu Maxima) dari Kerajaan Belanda, dalam salah satu rangkaian acara World Economic Forum (WEF) 2022 di Davos, Swiss, Selasa (24/5/2022) waktu setempat.

Dalam pertemuan tersebut, mereka berdiskusi tentang perkembangan inklusi keuangan di Indonesia. Disadari bahwa keuangan inklusif berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan sistem keuangan yang sehat.

"Selain itu, keuangan inklusif mendukung pengentasan kemiskinan, dan mengurangi kesenjangan ekonomi untuk mendukung tujuan nasional dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan sejahtera," ungkap Menko Airlangga dikutip dari laman resmi Kemenko Ekonomi, ekon.go.id.

Baca Juga: Blusukan Di Pasar Gede Solo, Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Modal Usaha

Keuangan inklusif adalah kondisi ketika setiap anggota masyarakat mempunyai akses terhadap berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas secara tepat waktu, lancar, dan aman dengan biaya terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Menko Airlangga, upaya memperluas tingkat keuangan inklusif bagi masyarakat Indonesia, khususnya untuk mendukung sistem pembayaran UMKM, menjadi fokus utama Pemerintah dalam beberapa tahun terakhir.

Apabila sistem keuangan sudah semakin inklusif, kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat. Sebab, akan lebih mudah memfasilitasi kegiatan ekonomi masyarakat di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T), termasuk untuk penyaluran bantuan sosial berbentuk uang tunai.

Baca Juga: Indonesia Negara Pengguna Teknologi Informasi Terbesar Butuh Perlindungan Data Dan Keamanan Siber

Pemerintah Indonesia sendiri telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI). “Peraturan ini memberikan arah kebijakan inklusi keuangan untuk memperluas akses layanan keuangan formal yang lebih luas, dan juga menetapkan target inklusi keuangan (berdasarkan penggunaan) menjadi 90% pada 2024,” kata Menko RI.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

X