• Minggu, 3 Juli 2022

Tokopedia dan Pemkot Surabaya Berkolaborasi Dukung UMKM dan Pemilik Warung Go Digital

- Rabu, 25 Mei 2022 | 20:38 WIB
 Tokopedia bekerja sama dengan Pemkot Surabaya mengadakan Kelas Maju Digital untuk berdayakan UMKM dan pemilik Warung Jawa Timur.
Tokopedia bekerja sama dengan Pemkot Surabaya mengadakan Kelas Maju Digital untuk berdayakan UMKM dan pemilik Warung Jawa Timur.

 

SUARAKARYA.ID: Tokopedia merespon peringatan HUT ke-729 Kota Surabaya dengan tawaran promo cashback pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Surabaya.

Mereka berkolaborasi dengan Pemkot Surabaya juga menggelar beragam topik Kelas Maju Digital untuk para pelaku UMKM, pemilik warung hingga toko kelontong.

Pelatihan Kelas Maju Digital yang digelar pada 18-20 Mei 2022 ini dihadiri oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Ketua Dekranasda Kota Surabaya Rini Indriyani, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Surabaya Fauzie Mustaqiem Yos, serta Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan.

Baca Juga: Tokopedia Hadirkan Beragam Inisiatif Jelang Imlek

Menurut Emmiryzan, sebagai platform digital yang terus berkomitmen memajukan UMKM lokal dan mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhannya, Tokopedia terus berinovasi menghadirkan berbagai inisiatif dalam bentuk kolaborasi dengan pemerintah maupun dalam bentuk berbagai program-program dan kampanye yang sedang dan akan berjalan.

"Melalui ini, kami berharap Tokopedia dapat secara aktif mendukung dan memajukan ekonomi dan UMKM di Kota Surabaya,” ujarnya, Rabu (25/5/2022).

Saat ini, kata dia, transaksi tertinggi di wilayah Jawa Timur pada awal 2022 terjadi di kecamatan Sukolilo, Mulyorejo, Rungkut, Waru, Tambaksari. Sementara, kategori seperti Kesehatan, Makanan & Minuman, Rumah Tangga, Elektronik, Handphone &, Tablet, Pertukangan, Perawatan Tubuh, Otomotif, Dapur, Kecantikan, menjadi kategori paling laris di Surabaya.

Baca Juga: Kiwil Yang Baru Saja Lolos Dari Maut Janji Jadikan Venti Figianti Istri Terakhir

Tren belanja di Tokopedia ini, kata dia, ditopang oleh deretan inisiatif mulai dari Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Home Living SALEbrations, Tokopedia Nyam, juga Tokopedia Peduli Sehat, dan masih banyak lainnya. Beberapa inisiatif tersebut merupakan upaya Tokopedia untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.

Sebagai platform untuk melakukan pembayaran pajak secara digital, Tokopedia juga terus mendukung upaya sosialisasi dan peningkatan pendapatan negara. Di Jawa Timur, Tokopedia mencatat kenaikan transaksi Pajak Digital sebesar lebih dari 2 kali lipat pada periode kuartal pertama 2022 dibandingkan peiofe yang sama tahun lalu.

Sementara transaksi pembayaran PBB di Jawa Timur pada periode yang sama, juga mengalami kenaikan lebih dari 6 kali lipat. Melihat pertumbuhan ini, Tokopedia bekerjasama dengan Pemkot Surabaya menawarkan promo PBBSURABAYA, dengan cashback hingga Rp15 ribu untuk pembayaran PBB Kota Surabaya.

Baca Juga: Woko Channel Tak Kunjung Upload, Netizen Pertanyakan Bubar Atau Lanjut

Promo yang dapat dinikmati melalui aplikasi Tokopedia ini berlaku mulai 31 Mei hingga 30 Juni 2022. Tokopedia juga berkolaborasi dengan Dekranasda Kota Surabaya untuk mendukung pelaku UMKM dengan menjadikan Surabaya Kriya Gallery (SKG) sebagai toko online secara eksklusif di Tokopedia.

Upaya ini untuk mendukung SKG memasarkan produk lewat digital agar meningkatkan pertumbuhan UMKM kerajinan nasional. "Pnting bagi semua UMKM di kota ini untuk dapat bangkit kembali di masa pemulihan ekonomi pasca Covid-19 yang mulai melandai ini," ujar Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Masih dalam semangat yang sama pula, Tokopedia juga memberdayakan pemilik usaha warung. Menjelang HUT Surabaya yang jatuh pada 31 Mei 2022, Tokopedia berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) serta Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Surabaya, menyelenggarakan Kelas Maju Digital (KMD) pada 17-20 Mei 2022.

Baca Juga: Woko Channel Awalnya Diejek Orang, Kini Malah Pada Minta Diajak Gabung

Pelatihan KMD yang diselenggarakan selama empat hari ini diikuti oleh pemilik warung Pasar Turi dan Pasar Keputih. Kegiatan ini bertujuan agar pelaku UMKM dan pemilik warung dapat naik kelas dengan bergabung menjadi Mitra Tokopedia.

Para pemilik warung ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan berbisnis lewat teknologi digital serta mendapatkan sertifikasi Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi merchant Tokopedia. Pemilik warung juga bisa menyetok barang dagangan dengan lebih cepat dan efisien hanya lewat genggaman tangan.***

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X