• Selasa, 28 Juni 2022

Airlangga Dorong AMTD Group Investasi Di Jasa Keuangan Dan Sektor Riil Indonesia

- Selasa, 24 Mei 2022 | 23:28 WIB
 (Kemenko Ekonomi)
(Kemenko Ekonomi)

SUARAKARYA.ID: Indonesia memiliki nilai ekonomi digital tertinggi di ASEAN yakni menguasai 40% dari pangsa pasar dengan nilai mencapai USD 70 miliar pada tahun 2021. Nilai tersebut diperkirakan akan terus tumbuh hingga mencapai USD 146 miliar pada tahun 2025.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri pertemuan bilateral dengan Chairman of the Board of Directors AMTD Group, Dr Calvin Choi, di sela-sela kunjungan kerja di Davos, Swiss, Senin (23/5/2022).

"Khusus di sektor Financial Technology (fintech), aset fintech pada November 2021 telah mencapai Rp4,1 triliun dengan total 104 pihak yang terdaftar," ungkap Airlangga dalam keterangan tertulis di laman resmi Kemenko Ekonomi.

Baca Juga: Disalurkan Bantuan Jaring Untuk Nelayan Perbatasan Talaud Sultra

Menurut Airlangga, kondisi ini tidak terlepas dari tanggung jawab pemerintah untuk mencapai target inklusi keuangan nasional sebesar 90% orang dewasa Indonesia memiliki akses ke layanan keuangan formal pada tahun 2024.

Airlangga menjelaskan, keberadaan pandemi Covid-19 telah memicu masyarakat untuk beradaptasi dalam melaksanakan aktivitas, termasuk aktivitas ekonomi melalui pemanfaatan sejumlah layanan digital.

"Melihat potensi digitalisasi ekonomi yang begitu besar, pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk memanfaatkan peluang besar yang bisa mendorong perekonomian nasional semakin kuat," ujar Menko Ekonomi RI.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Kediri Serahkan Santunan Di Momen Peringatan Hari Buruh

Dalam pertemuan tersebut Menko Airlangga dan Dr Calvin Choi mendiskusikan beberapa hal terkait dengan perkembangan inklusi keuangan dan peluang investasi pada sektor keuangan.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank DKI Dukung Malam Puncak Jakarta Hajatan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:53 WIB
X