• Selasa, 27 September 2022

Sukses Kembangkan UMKM, PJB Diganjar Penghargaan Di Ajang ICBS Presidential Award

- Minggu, 22 Mei 2022 | 16:21 WIB
Salah satu UMKM binaan PJB
Salah satu UMKM binaan PJB

SUARAKARYA.ID: Pembangkitan Jawa Bali (PJB) meraih penghargaan atas kontribusinya yang dinilai luar biasa terhadap pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Penghargaan prestisius ini diterima anak perusahaan PT PLN (Perserio) tersebut di ajang Indonesia Council for Small Business (ICSB) Presidential Award.

General Manager PJB Unit Pembangkit Muara Karang, Maryono, mengaku bangga atas raihan prestasi ini. "Seluruh unit pembangkit yang dikelola PJB memang selalu ikut berkontribusi kepada masyarakat di sekitarnya, salah satunya melalui pengembangan UMKM," ujarnya, Minggu (22/5/2022).

Anak perusahaan PT PLN ini melalui beberapa unit pembangkit telah berhasil mengembangankan potensi masyarakat dan UMKM di sekitarnya. Melalui pelatihan dari pra produksi hingga ke pasca, PJB ikut mengawal UMKM binaannya agar memiliki produk yang berdaya saing.

Baca Juga: LGBT Berkibar Di Kantor Kedutaan, Inggris Dituntut Minta Maaf

Saat ini, PJB membina 95 UMKM aktif maupun pasif. Sementara pelatihan, pembinaan, dan pendampingan yang dilakukan oleh PT PJB adalah bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) yang sudah menjadi tanggung jawab PT PJB.

Seluruh bentuk CSR dan PT PJB juga merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas masyarakat dan lingkungan.

Pengembangan UMKM juga merupakan salah satu program unggulan CSR PT PJB. Hingga saat ini, tercatat terdapat 95 UMK yang merupakan CSR PT PJB yang tersebar di berbagai belahan Indonesia mulai dari Aceh, Riau, hingga ke Jakarta.

Baca Juga: Woko Channel Tak Kunjung Upload, Netizen Pertanyakan Bubar Atau Lanjut

Total pendapatan penerima manfaat pun memiliki kenaikan yang progresif. Dari berbagai UMKM tersebut, PT PJB juga telah melakukan diversifikasi produk sesuai dengan ciri khas dan kearifan lokal, mulai dari batik, madu, olahan jamur, sayuran hidroponik, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peringati HUT Ke-77, KAI Daop 8 Percepat Laju Kereta Api

Selasa, 27 September 2022 | 17:24 WIB

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Selasa, 27 September 2022 | 07:50 WIB

PLN Resmikan Desa Tematik di Sidoarjo

Senin, 26 September 2022 | 14:47 WIB

Telkom Indonesia Terus Fokus Pada Bisnis Digital

Senin, 26 September 2022 | 13:24 WIB
X