• Rabu, 17 Agustus 2022

Keran Ekspor CPO Dibuka, Menko Airlangga Hartarto Ingatkan Pemerintah Siap Tindak Tegas Setiap Penyimpangan

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 08:36 WIB
Menko Airlangga Hartarto Airlangga, pembukaan keran ekspor ini juga akan diikuti kebijakan untuk menjamin ketersediaan bahan baku minyak goreng. (Kemenko Perekonomian)
Menko Airlangga Hartarto Airlangga, pembukaan keran ekspor ini juga akan diikuti kebijakan untuk menjamin ketersediaan bahan baku minyak goreng. (Kemenko Perekonomian)

SUARAKARYA.ID: Keran ekspor crude palm oil (CPO) akan dibuka kembali oleh pemerintah mulau Senin (23/5/2022).

Menteri Koordinator Bidang (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, langkah pembukaan ekspor CPO itu akan dibarengi dengan pengawasan ketat dan tindakan tegas terhadap penyimpangan dalam aturan minyak goreng.

Menko Airlangga mengingatkan meskipun ekspor CPO kembali diizinkan, namun akan ada pengawasan secara ketat dari pelaksanaan kebijakan ini.

“Pelaksanaan ekspor oleh produsen (minyak goreng) akan dilakukan pengawasan secara ketat dan terintegrasi oleh Bea Cukai, Satgas Pangan Polri, kementerian lembaga terkait, pemda dan pengawasan melibatkan Kejaksaan Agung,” tutur Airlangga saat konferensi pers, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga: Kolaborasi Pemerintah, Polri Dan TNI Efektif Sukseskan Program PEN

Menko Airlangga mengatakan, pemerintah akan menindak tegas setiap penyimpangan dalam aturan minyak goreng. Baik pada sektor distribusi maupun ekspor.

Menurut Airlangga, kebijakan pembukaan keran ekspor ini juga akan diikuti kebijakan untuk menjamin ketersediaan bahan baku minyak goreng.

Pemerintah akan menerapkan aturan domestic market obligation (DMO) dan domestic prize obligation pada minyak goreng nasional. Kebijakan ini akan ditentukan oleh Kementerian Perdagangan.

Airlangga mengatakan, setelah pelarangan ekspor CPO, harga dan pasokan minyak goreng di masyarakat sudah kembali aman. Bahkan, pasokan minyak goreng pada April sudah melebihi jumlah kebutuhan per bulan secara nasional.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ULN Indonesia Triwulan II 2022 Turun Jadi Rp6.045 T

Senin, 15 Agustus 2022 | 23:55 WIB

Telkom Indonesia Gelar Sharing P3DN di Kalangan BUMN

Senin, 15 Agustus 2022 | 19:02 WIB

BTN Gelar KPR BTN Merdeka dalam IPEX 2022

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:18 WIB
X