• Selasa, 28 Juni 2022

Airlangga: Karakteristik Unik UMKM Dorong Pertumbuhan, Berperan Penting Pulihkan Ekonomi

- Jumat, 20 Mei 2022 | 09:16 WIB
Airlangga Hartarto. (Ekon.go.id)
Airlangga Hartarto. (Ekon.go.id)

SUARAKARYA.ID: Kontribusi usaha kecil dan menengah (UMKM) tercatat mencapai kisaran 61 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja. Di setiap periode krisis, UMKM bahkan menjadi buffer, bersifat resilien, dan bisa pulih dengan baik.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekonomi) Airlangga Hartarto dalam sambutannya secara daring pada acara Economics Expo Talk yang diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis (19/5/2022).

“Oleh karena itu, pengembangan UMKM merupakan necessary condition untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih tinggi lagi,” ucap Airlangga, dikutip dari laman resmi Kemenko Ekonomi.

Baca Juga: Menko Airlangga Hartarto dan Menkeu Singapura Bahas Tantangan Geopolitik Terdampak Perang Rusia Dan Ukraina

Menurut Airlangga, UMKM memiliki karakteristik yang unik, karena jumlahnya mendominasi dalam struktur perekonomian Indonesia, serta terus bertambah setiap tahun. Bahkan salah satu sektor yang berperan penting dalam proses pemulihan ekonomi adalah UMKM.

“Keberadaan UMKM merupakan pilar penting bagi pembangunan suatu negara. Kalau UMKM bangkit, maka perekonomian akan terungkit,” ungkap Menko Airlangga pula.

Tak heran, kalau Pemerintah Indonesia memberi perhatian yang serius terhadap sektor UMKM. Salah satu strategi pengembangan UMKM agar naik kelas yaitu melalui peningkatan akses pembiayaan.

Baca Juga: Airlangga: Hilirisasi Dorong Trend Peningkatan Ekspor Dan Neraca Perdagangan Kemenko E

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah memberikan arahan untuk meningkatkan porsi kredit UMKM minimal sebesar 30% pada tahun 2024. Sementara saat ini, porsi kredit UMKM dari total kredit masih terbatas pada kisaran 18 persen.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank DKI Dukung Malam Puncak Jakarta Hajatan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:53 WIB
X