• Rabu, 29 Juni 2022

Bangunan Publik, Desain Interior Gedung Umum Sering Memberi  Kesan ‘Surprise’. 

- Kamis, 19 Mei 2022 | 21:45 WIB
Seminar virtual bertajuk Inovasi Interior Publik
Seminar virtual bertajuk Inovasi Interior Publik
 
SUARAKARYA.ID: Bertujuan menciptakan keindahan, keunikan dan inovasi rancangan interior, serta membuat desain interior gedung umum sering memberi kesan ‘surprise’. 
 
Kenari Djaja bersama Majalah Asrinesia dan Himpunan Desainer Interior Indonesi (HDII) DKI Jakarta menggelar kegiatan seminar virtual bertajuk Inovasi Interior Publik, dari Jakarta, Kamis (19/5/2022). 
 
Selain itu, untuk menambah informasi desain interior, pada bangunan non rumah tinggal dan residensial.
 
Seminar virtual ini menampilkan 3 (tiga) Desainer Interior, yang mengerjakan instalasi Rumah Sakit, bangunan Hotel, serta fasilitas Bandara Internasional. 
 
 
Dihadiri pula, Direktur Utama PT Kenari Djaja Hendra B Sjarifudin dengan sejumlah partisipan melalui aplikasi zoom, yang mencapai 585 orang. Serta, di channel youtube Kenari Djaja sebanyak 125 views turut menyaksikan.
 
Dalam sambutannya, Direktur PT Kenari Djaja Prima Hendry Sjarifudin mengatakan, melalui seminar virtual berjudul Inovasi Interior Publik, diharapkan masyarakat dapat menyaksikan peran penting desainer interior Indonesia. Dalam menciptakan karyanya, terutama yang dibuat pada bangunan non rumah tinggal dengan hasil yang sangat memukau.
 
"Ternyata harus cukup pengetahuan, untuk mengisi sebuah bangunan publik dari ruangan ke ruangan lainnya. Hingga diperoleh karya desain interior, secara menyeluruh sesuai dengan fungsinya," tuturnya. 
 
 
Kemajuan teknologi dan desain, lanjutnya, membawa perubahan signifikan pada desain interior bangunan. Yang begitu cepat berubah, melengkapi tampilan sebuah gedung secara utuh pada Ekterior dan Interiornya. 
 
"Sayangnya, tidak banyak bangunan yang arsitekturnya indah, dilengkapi penjelasan tentang interiornya yang tidak terlihat dari luar bangunan," ujar  Hendry. 
 
Di bagian lain, Ketua HDII DKI Jakarta Rina Renville HDII menyatakan, peran Anggota HDII itu sebetulnya sudah banyak. Karya desain interior mereka, telah mewarnai bangunan gedung-gedung terkenal di Indonesia maupun mancanegara. 
 
 
Tapi, karena banyak fasilitas umum yang infomasinya terbatas, membuat seakan profesi Desain Interior belum banyak berkiprah, dan dikenal di dunia jasa konstruksi, baik orang maupun karyanya.
 
Inovasi desain interior sebuah Rumah Sakit, yang harus memperhatikan 
kepentingan nyawa seseorang. Tidak bisa dibuat sembarangan terkait penggunannya yang terdiri dari pasien, paramedis, serta tamu yang datang berobat. 
 
Desainer Dina Hartadi HDII selaku Direktur PT Asri Desindo Intiwidya (PT ADI) menyampaikan, pengalaman profesinya dalam mendesain interior beberapa Rumah Sakit ternama di Indonesia.
 
 
Dengan keterlibatan para ahli desain interior, kini banyak gedung publik yang suasananya lebih nyaman dan menjadi pilihan masyarakat.
 
Sementata,  Desainer Interior Ariya Sradha HDII dari Prinsipal PT. Tata Wastu Asia, yang memiliki banyak pengalaman dalam membuat desain interior Hotel. Lengkap dengan berbagai fungsi terkait, yang dibuat berbeda dengan inovasi terbaru. 
 
Pada bangunan Hotel di daerah dengan ragam budaya lokalnya yang kuat dan khas, selalu memiliki keunggulan interior yang ditampilkan dalam tema desain masa depan.
 
 
Pemikiran bahwa desain interior itu selalu berkembang disampaikan Benyamin Aris Nugroho HDII seorang Presiden Direktur PT Grha Matra Desain Indonesia. Yang berpengalaman dalam mengerjakan desain interior fasilitas Bandara Internasional.
 
Airport yang merupakan pintu gerbang Indonesia menghadapi tamu dan turis mancanegara, memiliki desain yang ekspresif tentang ke-Indonesiaannya. Dalam melengkapi kebutuhan orang asing dengan mudah, nyaman, menyenangkan, serta berkesan.
 
Semua pengalaman para Desainer Interior ini mewakili banyak bangunan publik. Yang desain tata ruang dalamnya, dirancang dengan benar dan menarik. 
 
 
Diskusi Seminar dipandu oleh 
Moderator Sri Fariyanti Pane HDII dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ), menghasilkan kesimpulan yang bermanfaat bagi peserta. Yang mewaklili masyarakat, mahasiswa dan profesi seperti Arsitek, Desainer Interior, serta 
para pengelola bangunan publik.***

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Terkini

Sasar Pekerja Informal, BTN Gelar Grebek Pasar

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:33 WIB
X