• Jumat, 9 Desember 2022

Airlangga: Hilirisasi Dorong Trend Peningkatan Ekspor Dan Neraca Perdagangan Kemenko E

- Rabu, 18 Mei 2022 | 19:15 WIB
Menko Ekonomi Airlangga Hartarto. (Kemenko Perekonomian.)
Menko Ekonomi Airlangga Hartarto. (Kemenko Perekonomian.)

SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekonomi) Airlangga Hartarto menegaskan, program hilirisasi yang diterapkan pemerintah untuk mendorong nilai tambah komoditas di tengah harga yang kian meningkat memiliki andil tumbuhnya kinerja ekspor saat ini.

Hal ini dapat terlihat dari aktivitas manufaktur yang terus berada di level ekspansif dengan angka Purchasing Managers’ Index (PMI) April 2022 di level 51,9 pada April 2022, naik dari posisi bulan sebelumnya di level 51,3.

"Adanya kenaikan tersebut membawa nilai PMI Indonesia berada di atas level PMI negara ASEAN lainnya seperti Vietnam (51,7), Malaysia (51,6) dan Myanmar (50,4)," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: SEA Games Hanoi > Boling Sumbang Emas, Ketum PBI Jerry Sambuaga Bangga Pada Perjuangan Atlet Merah Putih

Selain program hilirisasi, pemerintah akan terus meningkatkan nilai ekspor Indonesia melalui berbagai upaya. Salah satunya dengan melakukan program promosi ekspor dengan peningkatan kerja sama billateral dan multilateral.

"Forum G-20 juga akan dioptimalkan untuk menggali berbagai potensi kerja sama perdagangan dengan berbagai negara,” ungkap Menko Airlangga.

Kemudian, ke depan pemerintah juga akan kian gencar dalam memaksimalkan berbagai potensi kebijakan lainnya, seperti kerja sama bilateral dan multilateral dalam meningkatkan perdagangan. Utamanya, dalam peningkatan nilai ekspor Indonesia.

Baca Juga: Menkes: Kekebalan Masyarakat Indonesia Terhadap Varian Baru Covid-19 Meningkat

Menurut Airlangga, kinerja positif ekonomi Indonesia ditunjukkan pada indikator ekspor yang mengalami surplus sebesar US$27,32 miliar. Angka ini mengungguli rekor surplus ekspor tertinggi sebelumnya pada Maret 2022 yang tercatat mencapai US$26,50 miliar.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: Kemenko Ekonomi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Top Lombok Timur, Miliki Samsat Perijinan Kapal Ikan

Jumat, 9 Desember 2022 | 08:46 WIB

SIG Raih Penghargaan BUMN Berprestasi

Kamis, 8 Desember 2022 | 20:34 WIB
X