• Jumat, 20 Mei 2022

Dua Pekan Pascalebaran, BI Solo Catat Inflow Capai 40 Persen

- Kamis, 12 Mei 2022 | 21:05 WIB
Kepala Bank Indonesia Solo,Nugroho Joko Prastowo (Endang Kusumastuti)
Kepala Bank Indonesia Solo,Nugroho Joko Prastowo (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Bank Indonesia (BI) Solo mencatat inflow atau uang masuk dua pekan pascalebaran mencapai 40 persen. Pada minggu pertama inflow tercatat sebesar Rp1,1 triliun.

"Realisasi hingga kemarin inflow tercatat Rp1,1 triliun dan besok berdasarkan informasi dari perbankan akan masuk sebesar Rp1 trilun sehingga selama dua pekan ini inflow mencapai Rp2 triliun lebih," jelas Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo, Nugroho Joko Prastowo, di Kantor BI Solo, Kamis (12/5/2022).

Jumlah tersebut mencapai 40 persen dari outflwo atau uang keluar selama Lebaran yang mencapai Rp5,6 triliun. Pihaknya memperkirakan dalam satu bulan ini, inflow ke BI bisa mencapai 100 persen atau bahkan lebih dari 100 persen.

Baca Juga: Indonesia Menuju Endemi,  Sejumlah Indikator Dan Data Mendasari Hal Itu

Hal ini terjadi karena Kota Solo merupakan kota inflow dimana tahun ini banyak pemudik yang datang ke Kota Solo. Setelah pemerintah memperbolehkan kembali mudik Lebaran.

"Beda dengan seperti Jakarta yang merupakan kota outflow. Dengan banyaknya pemudik yang datang ke Solo, maka nanti dalam sebulan ini inflow bisa 100 persen bahkan lebih karena uang masuk tidak hanya berasal dari Kota Solo saja tapi juga dari daerah lain," jelasnya lagi.

Inflow pada momen Lebaran tahun ini menurut Joko akan lebih cepat dibandingkan dengan tahun 2019 lalu yang hanya mencapai 70 persen. Karena pada Lebaran tahun ini jumlah pemudik lebih banyak, hal ini terlihat dari data exit tol yang lebih tinggi dibandingkan dengan momen mudik Lebaran tahun 2019 lalu.

Baca Juga: Komitmen Kolaborasi Membangun Rumah Rakyat

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank DKI Raih Penghargaan TOP BUMD 2022

Kamis, 19 Mei 2022 | 19:29 WIB
X