• Kamis, 30 Juni 2022

Erick Thohir: Pesantren Adalah Unsur Penggerak Ekonomi

- Rabu, 11 Mei 2022 | 17:43 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir.
Menteri BUMN, Erick Thohir.

 

SUARAKARYA.ID: Menteri BUMN Erick Thohir menyadari bahwa pertumbuhan ekonomi membutuhkan banyak unsur penggerak. Salah satu unsur penggerak yang dirasa penting oleh Erick Thohir adalah pesantren.

Untuk itu Erick Thohir merasa perlu ada keterlibatan lebih dari pesantren. Salah satunya dengan memberikan kemudahan akses untuk skema pembiayaan.

"Ekonomi untuk tumbuh memerlukan banyak unsur penggerak. Sehingga kita punya tanggung jawab untuk menggerakkan kembali pesantren sebagai salah satu tonggak ekonomi umat untuk menumbuhkan perekonomian," kata Erick di Lampung Tengah, Selasa, 10 Mei 2022.

Dalam kesempatan tersebut Erick Thohir juga mengungkapkan bahwa telah dibentuknya holding bank himbara syariah menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

"Kita sudah buat holding bank Himbara syariah menjadi BSI. Melalui ini, nanti akan mempermudah pembiayaan untuk membentuk santripreneur salah satunya di Kabupaten Lampung Tengah ini," tuturnya.

Erick menjelaskan, dalam membentuk ekonomi umat, diperlukan upaya menghidupkan kembali industri halal sebagai salah satu peluang dan potensi.

"Indonesia ini memiliki konsumsi atas industri halal terbesar nomor empat, namun produksi makanan halal dan pakaian tidak masuk 10 besar," ujarnya.
Seharusnya, kata dia, konsumsi produk halal seimbang dengan tingkat produksi. "Ini yang akan terus kita dorong agar produksi produk halal bisa mencukupi konsumsi," ucapnya.

Lebih jauh, Erick menyebutkan, ketidakseimbangan antara produksi dan konsumsi ini sebetulnya bisa jadi potensi kerja sama antara BUMN dan pesantren lebih jauh. Kerja sama ini diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi umat dan industri halal.***

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kementan Gelar Pelatihan Cegah PMK

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:35 WIB

Sasar Pekerja Informal, BTN Gelar Grebek Pasar

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:33 WIB
X