• Minggu, 26 Juni 2022

Gubernur Jatim Lepas Ekspor Perdana Kopi Excelsa Produk Petani Wonosalam

- Rabu, 11 Mei 2022 | 09:52 WIB
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat melepas ekspor perdana Kopi Wonosalam.
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat melepas ekspor perdana Kopi Wonosalam.

SUARAKARYA.ID: Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa melepas ekspor perdana kopi petani Wonosalam Jombang, ke Malaysia. Produk kopi excelsa merupakan jenis kopi langka yang dikembangkan para petani kopi yang tergabung dalam Koperasi Kopi Wonosalam, Jombang.

Prosesi pelepasan ekspor kopi excelsa senilai Rp360 juta itu dilepas secara langsung oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Selasa (10/5/2022).

Dalam sambutannya, Gubernur Jatim Khofifah mengapresiasi para petani kopi Jombang sehingga mampu menembus pasar ekspor. "Kopi jenis excelsa termasuk kategori kopi yang langka sehingga hanya menyumbang 7 persen produksi kopi dunia," ujarnya.

Baca Juga: LGBT Bikin Gaduh, Deddy Corbuzier Minta Maaf, Netizen Malah Pertanyakan Ustadz Yang Diundang

Di Jawa Timur, Kopi Excelsa hanya ditemukan di Wonosalam, Lereng Wilis dan Lereng Ijen. Kopi ini memiliki ciri khas dan langkanya kopi jenis ini.

Khofifah kemudian mengajak anak muda Jombang untuk terus produktif mengembangkan potensi unggulan desa agar konsisten menembus pasar dunia.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, sejak 2019 pihaknya telah melaksanakan pengembangan klaster kopi Wonosalam melalui berbagai program pendampingan secara end to end dari hulu ke hilir.

Baca Juga: LGBT Disebut Netizen Sedang Dibukakan Pintu, Pasca Podcast Deddy Corbuzier

Diantaranya membuat demplot penyambungan dan penanaman bibit kopi, capacity building, cuping score, business matching, hingga akses ke pameran lokal, nasional dan internasional.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X