• Minggu, 26 Juni 2022

H+4 Lebaran, Arus Balik Kendaraan Tinggalkan Sumatera Meningkat 62,38 Persen

- Minggu, 8 Mei 2022 | 11:09 WIB
Hutama Karya mencatat sejak 3 hingga 6 Mei 2022, sebanyak 46.902 kendaraan  melalui Jalan Tol Trans Pulau Jawa lewat Bakauheni Selatan.
Hutama Karya mencatat sejak 3 hingga 6 Mei 2022, sebanyak 46.902 kendaraan melalui Jalan Tol Trans Pulau Jawa lewat Bakauheni Selatan.

SUARAKARYA.ID: Memasuki puncak arus balik, Hutama Karya mencatat sejak tanggal 3 hingga 6 Mei 2022, sebanyak 46.902 kendaraan  melalui Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) menuju Pulau Jawa lewat Bakauheni Selatan. Dengan demikian, total keseluruhan Volume Lalu Lintas (VLL) Arus Balik di JTTS adalah 793.053 kendaraan atau meningkat sebesar 62,38% dari VLL normal. Hutama Karya memprediksi masih akan terjadi peningkatan VLL puncak arus mudik pada Sabtu-Minggu (7-8 Mei).

Adapun angka tersebut merupakan akumulasi dari ruas-ruas JTTS yang dikelola oleh Hutama Karya yaitu Ruas Bakauheni- Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar- Pematang Panggang–Kayu Agung, Ruas Palembang–Indralaya, Ruas Pekanbaru–Dumai, Ruas Medan–Binjai, Ruas Binjai– Langsa Seksi 1 (Binjai–Stabat), dan Ruas Sigli–Banda Aceh Seksi 2,3,4.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, Dwi
Aryono Bayuaji, mengingatkan para pemudik yang akan melakukan perjalanan untuk ke Pulau Jawa dapat mempersiapkan perjalanan sebaik mungkin dan menghindari
puncak arus balik, sehingga perjalanan akan lebih aman. “Sebaiknya lakukan perjalanan balik setelah tanggal 8 Mei dan sebelum jalan, cek kembali kebijakan-kebijakan yang akan
diberlakukan selama diperjalanan, sehingga aman dan nyaman” ujar Dwi.

Lebih lanjut Dwi menambahkan bahwa Hutama Karya juga telah menyiapkan beberapa rest area dari arah Palembang menuju Bakauheni di KM 20B, 33B, 49B, 87B, 116B, 172B dan 215B yang dapat digunakan para pengguna jalan untuk beristirahat sambill menunggu arahan petugas untuk dapat memasuki area pelabuhan dengan tertib. Selain itu, bekerjasama dengan PT ASDP Ferry Indonesia (Persero), Hutama Karya menyediakan penjualan tiket Ferry di rest
area km 87, 49 dan 20 Jalur B guna mengantisipasi terjadinya penumpukan akibat pembelian tiket kapal.

“Selain melalui Pelabuhan Bakauheni, pemudik juga bisa naik kapal melalui Pelabuhan Bandar
Bakau Jaya (BBJ) dengan keluar via GT Bakauheni Utara atau melalui Pelabuhan Panjang dengan keluar via GT Lematang pada KM 74," jelas Dwi.
Selain pada ruas jalan tol yang beroperasi, Hutama Karya turut memfungsionalkan dua ruas yang sudah selesai tahap konstruksinya selama arus mudik dan balik Lebaran 1443 H, dan mencatat VLL arus balik pada ruas Pekanbaru-Bangkinang sebanyak 20.714 kendaraan dan ruas Bengkulu-Taba Penanjung sebanyak 21.309 kendaraan.

Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Patuhi kecepatan minimum dan maksimum yang dipersyaratkan, tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima dan segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat, serta selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada. Jangan lupa, untuk isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup selama diperjalanan.
Informasi lalu lintas terkini, permintaan pelayanan maupun pengaduan, agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol, serta aplikasi HKTollApps untuk pengguna iOS dan Android. ***

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X