• Minggu, 3 Juli 2022

Kepala Staf Presiden Moeldoko Tinjau Pelayanan Dan Arus Mudik Sumatera

- Kamis, 28 April 2022 | 00:51 WIB
Jelang H-5 Lebaran, Kepala Staff Presiden Jenderal (Purn) TNI Dr. Moeldoko menelusuri Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dari Lampung hingga Palembang untuk meninjau secara langsung seluruh pelayanan dan arus mudik yang berada di Pulau Sumatra.
Jelang H-5 Lebaran, Kepala Staff Presiden Jenderal (Purn) TNI Dr. Moeldoko menelusuri Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dari Lampung hingga Palembang untuk meninjau secara langsung seluruh pelayanan dan arus mudik yang berada di Pulau Sumatra.

 

SUARAKARYA.ID: Jelang H-5 Lebaran, Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal (Purn) TNI Dr. Moeldoko menelusuri Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dari Lampung hingga Palembang untuk meninjau secara langsung seluruh pelayanan dan arus mudik yang berada di Pulau Sumatra.

Disela-sela kunjungan ini, Moeldoko ingin memastikan bahwa pelayanan mudik yang ada di JTTS tidak ada hambatan dan semua berjalan dengan lancar terutama terkait ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Toilet untuk pemudik disekitar jalan tol, sehingga apabila terjadi kemacetan dapat segera diantisipasi. “Kami berharap pintu tol yang diprediksi akan mengalami lonjakan yang tinggi jangan sampai kekurangan tenaga, sisanya saya pantau untuk seluruh kesiapannya sudah dipersiapkan dengan matang,” tutur Moeldoko.

Moeldoko juga sempat melakukan peninjauan ke Rest Area KM 190 dan KM 234 yang berada
di Ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung. Rest
Area diharapkan dapat diisi dengan UMKM, sehingga secara ekonomi dapat dimanfaatkan dengan baik. “Alhamdulillah disini sudah terealisasi lebih dari 30% UMKM,” ujar Moeldoko.

Lebih lanjut, Moeldoko juga memprediksi bahwa puncak arus mudik ini, akan terjadi pada tanggal 29-30 April 2022, dimana pada tanggal tersebut sudah dimulai cuti bersama Lebaran Tahun 2022 sesuai arahan Pemerintah. “Dalam situasi ini kita harus responsive sehingga seluruh situasi harus dihadapi dengan cepat. Seperti kata Presiden, masyarakat sudah euphoria, sehingga harus disiapkan dengan detail kemungkinan yang muncul di lapangan dan solusinya.” tambahnya.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan bahwa seluruh pelayanan mudik
terkait Mudik Tahun 2022 ini telah siap dinikmati oleh seluruh pemudik yang ingin melintas. “Seluruh pelayanan telah siap, berbagai strategi dalam mengantisipasi lonjakan trafik juga telah kami susun. Namun, seluruh masukan yang ada akan kami tampung dan tentunya akan menjadi
acuan dalam pelayanan mudik ini terutama apabila terjadi lonjakan seperti yang telahd iprediksikan. Adapun hingga saat ini, Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas di JTTS semakin meningkat. Pada (27/04) pagi tadi tepatnya pukul 09.00 WIB tercatat sebanyak 3.918 kendaraan melintas dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra melalui Gerbang Tol(GT) Bakauheni Selatan sebagai pintu awal masuk JTTS.” tutur Koentjoro.

Kunjungan tersebut, dihadiri pula oleh Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi, Kapolda Provinsi Lampung Hendro Sugiatno, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono, Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR Budi Harimawan dan direksi BUMN lainnya.

Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya, dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga
dapat melakukan Top up saldo UE.

Selain itu, kami terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan
kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di Rest Area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada. Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol. ***

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X