• Senin, 27 Juni 2022

Kementan Imbau Warga Purwakarta Tak Khawatir, Pasokan 12 Bahan Pangan Pokok Tersedia

- Minggu, 24 April 2022 | 12:37 WIB
Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi (Ist)
Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi (Ist)

SUARAKARYA.ID: Kementerian Pertanian (Kementan) mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten Purwakarta tetap tenang dalam memenuhi kebutuhan bahan pangan pokok. Sebab, 12 bahan pangan pokok yang menjadi kebutuhan mendasar masyarakat di Kabupaten Purwakarta dalam kondisi tersedia dengan baik.

Hal itu terungkap setelah Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertania (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi beserta jajaran turun langsung meninjau Pasar Induk Modern Cikopo.

Sebelum melihat langsung di pusat grosir di Purwakarta ini, Dedi dan rombongan terlebih dahulu menyambangi Pasar Leuwipanjang. Hasilnya, dari dua kunjungan ke pasar tersebut dapat dipastikan 12 bahan pangan pokok masyarakat tak ada masalah berarti.

Baca Juga: Kartini Milenial, Letda Ida Ayu Damayanti, Teknisi Pesawat F-16 Wanita Pertama

Baca Juga: Kartini Milenial, Lina Ozora Sopir Bus AKAP Jakarta-Wonogiri

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan jika pangan rakyat tak boleh bersoal. Itu sebabnya Mentan SYL meminta seluruh jajarannya untuk turun ke lapangan memastikan ketersediaan 12 bahan pangan pokok di seluruh provinsi. "Dalam kondisi apapun, pertanian tak boleh bersoal. Pangan rakyat tak boleh bersoal. Maka, saya meminta kepada jajaran saya untuk turun ke lapangan memastikan bahwa 12 bahan pangan pokok rakyat itu betul-betul tersedia," kata Mentan SYL.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala BPPSDMP Kementan didampingi Direktur Polbangtan Bogor, Kepala PPMKP Ciawi, Kepala BBPP Lembang Bandung, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta dan Ketua KTNA Kabupaten Purwakarta turun langsung turun memastikan 12 bahan pangan pokok tersedia. Menurut Dedi, hal itu dilakukan guna mendukung tujuan pembangunan pertanian nasional, yakni menyediakan pangan untuk 263 juta rakyat, meningkatkan kesejahteraan petani dan menggenjot ekspor.

Baca Juga: Liga Inggris: Juara Tak Bisa Diprediksi, Liverpool Dan Manchester City Sama Bagusnya

"Dari hasil kunjungan Pasar Induk Modern Cikopo, kami memastikan bahwa ketersediaan 12 bahan pangan pokok aman," tegas Dedi, Minggu (24/4/2022). Diakuinya, terjadi fluktuasi harga jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Hanya saja, Dedi memastikan kenaikan harga masih dalam taraf kewajaran. "Memang untuk harga terjadi fluktuasi. Beberapa komoditas mengalami kenaikan, namun tak banyak, berkisar antara Rp500-1.000. Kenaikannya itu kurang dari 10 persen dan dari segi pasokan aman. Di sisi lain, ada juga komoditas yang justru mengalami penurunan harga," kata Dedi.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank DKI Dukung Malam Puncak Jakarta Hajatan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:53 WIB
X