Awal Mei 2022 Operasi Kereta Pangrango Bisa Dua jalur

- Minggu, 10 April 2022 | 15:44 WIB
Soal Kereta Pangrango (Istimewa)
Soal Kereta Pangrango (Istimewa)

 



SUARAKARYA.ID: Awal Mei 2022 pengoperasian kereta Pangrango sudah bisa di dua jalur sekaligus Bogor-Sukabumi.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan alasan penghentian sementara operasional Kereta Api (KA) Pangrango Bogor-Sukabumi selama lebih dari delapan bulan agar pengerjaan rel ganda sepanjang jalur tersebut cepat selesai.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri saat meninjau operasional pertama KA Pangrango Bogor-Sukabumi di Stasiun Paledang, Ahad, mengatakan banyak pengerjaan konstruksi rel ganda yang harus dilakukan terkait tingkat keamanan bagi semua pihak.

Baca Juga: Sepuluh Hari Ke-2 Bagi Orang Yang Berpuasa Di Bulan Suci Ramadhan

 "Sementara kalau tidak diberhentikan, memang dulu akan panjang (rel) ini kilometernya. Tapi Alhamdulillah ini sudah kita selesaikan dan kita operasikan ini adalah tahap pertama dari pekerjaan double track Bogor-Sukabumi," katanya.

Zulfikri menyampaikan pengerjaan rel ganda bertujuan untuk mempercepat waktu tempuh. Dari 11 stasiun yang dilewati KA Pangrango Bogor-Sukabumi mulai dari Stasiun Paledang Kota Bogor hingga Stasiun Sukabumi pada tahap pertama telah menghemat waktu di enam stasiun yakni Stasiun Paledang, Stasiun Batutulis di Kota Bogor, kemudian Stasiun Maseng, Stasiun Ciomas, Stasiun Cigombong di Kabupaten Bogor, dan Stasiun Cicurug Kabupaten Sukabumi.

Operasional KA Pangrango pada tahap pertama ini masih dilakukan pada satu jalur dengan peningkatan kecepatan dan jumlah rangkaian kereta dari lima menjadi delapan rangkaian.

Baca Juga: Penggunaan Bodycam  Harus Diterapkan Di Semua Polda

Pada rute perjalanan itu, telah mengurangi waktu tempuh dari 4 hingga 6 jam dari Bogor ke Sukabumi, kini hanya 120 menit atau 2 jam, seperti dilansir dari AntaraNews.

 Kemenhub menargetkan pengerjaan jalur ganda yang sudah 96 persen akan selesai pada akhir Bulan April 2022.

 Hal ini akan lebih menghemat waktu kembali dari 120 menit menjadi 80 menit dari Stasiun Paledang hingga ke Stasiun Cicurug.

Sementara pemberdayaan kembali atau revitalisasi lima stasiun selanjutnya dari Stasiun Parungkuda, Stasiun Cibadak, Stasiun Karang Tengah, Stasiun Cisaat dan Stasiun Sukabumi di Kota Sukabumi, belum dilakukan karena mengukur jumlah antusiasme warga atau permintaan warga terhadap operasional kereta untuk melayani aktivitas mereka.

Baca Juga: 13 Mobil Pemadam Kebakaran Dikerahkan Memadamkan  Api Di Gudang Kimia  Cengkareng

 Zukfikri mengungkapkan pada rute Stasiun Cicurug ke Stasiun Paledang sudah cukup banyak sejak pagi hari dari pukul 4.00 WIB untuk lanjut ke arah Jakarta.

 "Saat ini kita masih konsentrasi Bogor Cicurug. Ya itu tadi pergerakan orang komuter cukup tinggi di Cicurug ke arah Bogor," jelasnya. ***

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

Pemerintah Siap Gelar Kick Off Meeting WWF ke 10

Sabtu, 4 Februari 2023 | 22:07 WIB

SBI Tuban Raih Penghargaan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 21:16 WIB

Kerja Keras BRI Tuai Kesuksesan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:16 WIB

KPLP Butuh Peningkatan Sarana dan Prasarana

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:59 WIB
X