• Sabtu, 13 Agustus 2022

Bank Indonesia Launching Layanan Penukaran Uang Secara Drive Thru

- Minggu, 10 April 2022 | 15:00 WIB
 Pimpinan Bank Indonesia melakukan seremoni penyematan topi pada petugas penukaran uang.
Pimpinan Bank Indonesia melakukan seremoni penyematan topi pada petugas penukaran uang.


SUARAKARYA.ID: Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur menyiapkan uang pecahan hingga Rp12 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai saat Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Mereka bekerja sama dengan 31 perbankan Surabaya dan berinovasi layanan penukaran uang rupiah melalui mekanisme drive thru.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Budi Hanoto, layanan penukaran uang model drive thru yang baru pertama kali diterapkan di Surabaya ini diharapkan mampu mendukung pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat Surabaya. "Saya harap masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik dan tidak perlu menukar di tempat tidak resmi yang berbayar," ujarnya, Sabtu (9/4/2022).

Seremonial Kick Off Penukaran Uang Tunai bertajuk Serambi Rupiah Ramadhan 'Belanja Bijak dan Rawat Rupiah' ini ditandai dengan penghitungan uang dan penyematan topi pada petugas penukaran uang tersebut disaksikan oleh pimpinan 31 perbankan wilayah Surabaya yang turut berpartisipasi pada layanan penukaran uang secara drive thru tersebut.

Baca Juga: Gelar Unjuk Rasa Di Patung Kuda, Mahasiswa Kelompok Cipayung Plus Tolak Kenaikan Harga BBM, Bahan Pokok Dan PP

Dia memastikan penyediaan layanan penukaran uang di drive thru ini menjadikan masyarakat menukarkan uangnya lebih aman, nyaman, gratis dan yang paling penting terhindar dari risiko menerima uang palsu. Meski demikian, Bank Indonesia menghimbau masyarakat untuk tetap berbelanja secara bijak, tetap merawat uang rupiah dan mulai membiasakan diri bertransaksi secara non tunai.

Layanan penukaran uang secara drive thru tersebut dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu, tanggal 9, 10, 16, 17, 23, dan 24 April 2022. Kegiatan penukaran dibagi menjadi 2 (dua) sesi, yaitu sesi I pukul 09.00 – 11.00 WIB dan sesi II pukul 13.00 – 15.00 WIB yang bertempat di Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur. Untuk pemerataan penerima uang baru, setiap penukar hanya dapat menukar uang maksimal 3,8 juta rupiah yang terdiri dari maksimal 1 (satu) pak/bendel untuk masing-masing pecahan Uang Rupiah Kecil (UPK) dari Rp20.000 sampai dengan pecahan Rp1.000.

Selain layanan drive thru, Bank Indonesia Jatim juga menyediakan layanan penukaran uang dengan metode dan jadwal penukaran yang berbeda. Pertama, layanan penukaran melalui Mobil Kas Keliling khusus Ramadhan, dimana masyarakat dapat menukar uang rupiah di Museum De Javasche Bank (DJB) setiap hari Senin dan Perpustakaan Mayangkara setiap hari Rabu selama bulan Ramadan.

Baca Juga: Marshel Widianto Umumkan Julukan Baru Marshel Google Drive WidiantoBaca Juga: Marshel Widianto Umumkan Julukan Baru Marshel Google Drive Widianto

Pada layanan kas keliling dengan kuota penukar sebanyak 50 orang per kegiatan ini, penukar diwajibkan terlebih dahulu melakukan pemesanan slot penukaran melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id). Kedua, layanan penukaran di 290 titik kantor cabang perbankan yang tersebar di Surabaya, Bangkalan, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Sidoarjo, Jombang, dan Mojokerto.

Untuk mendapatkan informasi lengkap seluruh layanan penukaran uang rupiah tersebut, baik detail lokasi, jadwal hingga mekanisme penukaran uang, masyarakat dapat mengakses media sosial Bank Indonesia Jatim melalui akun instagram @bi_jatim.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RUU PDP Wujud Pengembangan Ekonomi Digital

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:00 WIB

PJB Tanam 5000 Pohon Balangeran di Event HKAN

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:42 WIB
X