• Minggu, 26 Juni 2022

Transisi Energi Topik Utama Presidensi G20, Airlangga Tegaskan Komitmen Indonesia Net Zero Emission 2060

- Jumat, 8 April 2022 | 19:33 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto,  kembangkan green economy, Pemerintah komitmen mereduksi Eemisi karbon (Kemenkon Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, kembangkan green economy, Pemerintah komitmen mereduksi Eemisi karbon (Kemenkon Perekonomian)

SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menegaskan, transisi energi menjadi salah satu dari tiga topik utama dalam Presidensi G20 Indonesia tahun ini.

Artinya, energi baru terbarukan menjadi sektor prioritas dalam pembangunan Indonesia di masa depan.

Pemerintah berkomitmen meraih Net Zero Emission pada 2060.

“Kita harus berusaha menyeimbangkan kenaikan permintaan energi di masa depan dengan komitmen reduksi karbon. Untuk itu, pengembangan energi baru terbarukan menjadi hal yang sangat penting,” kata Menko Airlangga.

Baca Juga: Sampaikan DIM Ke Badan Legislasi DPR, Airlangga Tegaskan Perbaikan UU Ciptaker Sangat Ditunggu Pemerintah

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini menambahkan, pemerintah juga akan mengimplementasikan kebijakan harga karbon dalam bentuk carbon cap and trade, serta skema pajak karbon di 2023.

Kebijakan ini akan menentukan batas atas dalam emisi karbon di beberapa sektor tertentu dan memperkenalkan perdagangan dan skema pajak karbon.

“Kami harap kebijakan ini dapat memberikan keuntungan bagi industri untuk mengubah energinya menjadi sumber terbarukan,” tegas Airlangga.

Baca Juga: Kemenperin Bersama Polri Bentuk Satgas Awasi Produksi Dan Distribusi MGS Curah, Waskat 24 Jam

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Sumber: ekon.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X