• Minggu, 2 Oktober 2022

Awal Ramadan, Stok Aman dan Harga Bahan Pokok Di Lampung Utara Terpantau Stabil

- Jumat, 8 April 2022 | 13:22 WIB
Salah satu pasar di Lampung Utara (Ist)
Salah satu pasar di Lampung Utara (Ist)

SUARAKARYA.ID: Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) memastikan harga bahan pokok di awal Ramadan cenderung stabil, khususnya di Kabupaten Lampung Utara. Hal itu terungkap dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Ketersediaan Pangan yang dipimpin Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Metro ke gudang dan distributor.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kementan akan terus memastikan bahan-bahan pangan pokok agar terus tersedia. Mentan SYL menambahkan, di awal Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri, ketersediaan pangan harus dijaga dan juga dipantau harganya.

"Petani kita tidak pernah berhenti berproduksi. Tujuannya agar kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi. Termasuk juga untuk memenuhi kebutuhan di pasaran," ujarnya.

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi menjelaskan, stok pangan masih bisa dikatakan aman. Hanya saja, diakuinya masih ada 12 komoditas yang rentan dan sensitif terhadap inflasi. Oleh karenanya, pemerintah memonitor secara cermat dengan melakukan monitoring dan pengawalan ketersediaan dan harga bahan pangan pokok.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Bakal Diperiksa Terkait Sumbangan Indra Kenz Untuk Hadiah Catur Dewa Kipas VS Irene

Baca Juga: Banyak Disoroti, Beredar Video Ustadz Yusuf Mansur Marah-marah

“Ketersediaan pangan erat kaitannya dengan harga. Untuk itu, saat melakukan monitor ketersediaannya perlu dilakukan monitoring harga," tegas Dedi didampingi bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Lampung beserta para admin kabupaten/kota, akhir Maret lalu.

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP Kementan, Leli Nuryati membentuk Tim Monitoring dan Pengawalan Ketersediaan Pangan untuk mengawal stok dan harga bahan pokok yang ada di Provinsi Lampung, termasuk di Kabupaten Lampung Utara.

Balai Pelatihan Pertanian Lampung melaksanakan kegiatan monitoring Harga Bahan Pokok di Lampung Utara pada Kamis, (7/4/2022) bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lampung Utara.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Turunkan Harga BBM Jenis Pertamax

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:40 WIB

Masih Banyak Pelaku UMKM di Boyolali Enggan Ajukan KUR

Jumat, 30 September 2022 | 21:48 WIB
X