• Minggu, 25 September 2022

Grebeg Gudang Dan Distributor, Kementan Pastikan Ketersediaan Stok Pangan Di Provinsi Lampung

- Jumat, 8 April 2022 | 13:23 WIB
Gudang beras di Prov Lampung (Dok Kementan)
Gudang beras di Prov Lampung (Dok Kementan)

SUARAKARYA.ID: Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan ketersediaan stok pangan di Provinsi Lampung khususnya di bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal itu dipastikan langsung oleh Tim PIC Kementan wilayah Provinsi Lampung yang terdiri dari Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP, Balai Pelatihan Pertanian Lampung dan Balai Pelatihan Pertanian Jambi dengan memonitoring Ketersediaan Pangan ke gudang dan distributor.

Ikut hadir langsung Wali Kota Metro, Wakil Wali Kota, Asisten 2, Kepala Bappeda, staf ahli, kadis ketahanan pangan pertanian dan perikanan, kadis kominfo, kadis perhubungan, kabag perekonomian, kejaksaan, kapolres, kodim, dan DPRD.

Beberapa stok pangan yang dicek ketersediaannya di antaranya adalah beras, bawang putih, bawang merah, ternak sapi dan telur ayam. Tak hanya itu, Tim juga melakukan survei harga dan stok di Pasar Besar Kota Metro.

Baca Juga: Harta Warisan Dorce Jadi Rebutan Keluarga Kandung Dan Anak Angkat

Baca Juga: Banyak Disoroti, Beredar Video Ustadz Yusuf Mansur Marah-marah

Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin, menjelaskan tujuan dilaksanakannya monitoring harga di pasar untuk menjaga stabilitas harga barang agar tidak mengalami kenaikan. Selain itu, memastikan stok kebutuhan pokok aman bulan suci Ramadhan, bahkan hingga momen lebaran.

“Berdasarkan hasil monitoring yang didapat dari para pemilik Gudang, secara umum masih aman. Stok sembako dan pangan lainnya masih tercukupi, monitoring pemantauan harga sembako ini dilakukan untuk menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat”, ujar Wahdi.

Selain itu ditambahkannya upaya ini sekaligus dalam rangka deteksi dini, agar harga bahan pokok tidak melonjak naik secara drastis dengan menjaga pasokan dari pasar . Kemudian demi terwujudnya ketahanan pangan nasional.

“Saya berharap selama bulan Ramadan ini, masyarakat melakukan konsumsi secara wajar, berjualan secara jujur dan bijak, berbelanja secara bijak sesuai kebutuhan, menerapkan pola hidup sederhana. Kami juga mengajak masyarakat untuk melakukan diversifikasi makanan, baik dari bahan maupun cara pengolahannya”, terangnya.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KemenPUPR Bersama OASE KIM Sosialisasikan Hidup Bersih

Kamis, 22 September 2022 | 20:06 WIB
X