• Minggu, 25 September 2022

Hutama Karya Raih Penghargaan ETLE Di Ajang Presisi Award 2022

- Kamis, 31 Maret 2022 | 13:17 WIB
Hutama Karya raih penghargaan Presisi Award 2022 ya g diserahkan langsung oleh Kapolri
Hutama Karya raih penghargaan Presisi Award 2022 ya g diserahkan langsung oleh Kapolri

 

SUARAKARYA.ID: Di Usia ke-61, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) meraih penghargaan terkait penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalan tol
yang dikelola pada ajang Presisi Award tahun 2022. Acara yang diselenggarakan oleh Kepolisian Republik Indonesia dalam rangka Launching ETLE Nasional Presisi Tahap II yang diiselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur.

Dalam ajang tersebut, Hutama Karya mendapatkan penghargaan Kategori Penerapan Integrasi ETLE Nasional Presisi di jalan tol. Digelar secara offline, penghargaaan diserahkan langsung oleh Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo kepada Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar, Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru dan pejabat lainnya yang juga mendapatkan penghargaan terkait penerapan ETLE.

Koentjoro mengatakan, penghargaan tersebut berhasil diraih Hutama Karya atas inovasi penerapan ETLE pertama di jalan tol Indonesia yang terintegrasi langsung dengan Kepolisian Republik Indonesia. “Kami mendapatkan penghargaan dari hasil inisiasi penerapan ETLE di jalan tol yang kami kelola. Sebelumnya tentu melalui tahapan proses pengembangan dan uji coba yang cukup menantang, dan prosesnya tidak lebih dari 2 (dua) tahun sudah dapat Go Live dan dirasakan manfaatnya bersama. Kami berharap penghargaan ini dapat memicu manajemen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan jalan tol dan menciptakan jalan tol yang aman dan nyaman bagi pengguna jalan,” ujar Koentjoro.

Pada kesempatan itu, Koentjoro juga menjelaskan, Hutama Karya selaku pengelolab beberapa ruas tol di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sudah mulai melakukan persiapane pelayanan demi memastikan arus lalu lintas mudik pada momen Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022 mendatang berjalan dengan lancar.

Untuk memastikan hal tersebut, jelas Koentjoro, pihaknya meninjau secara
langsung perbaikan dan kesiapan JTTS Ruas Bakauheni–Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi
Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung, dan Ruas Palembang- Indralaya bersama dengan
Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono, Direktur Jalan Bebas
Hambatan Budi Harimawan, dan Kepala Bidang Teknik BPJT Ni Komang Rasminiati beserta jajaran pada Kamis – Jum’at (24-25/03).

Koentjoro mengatakan bahwa Hutama Karya memastikan seluruh ruas JTTS yang dikelola siap untuk dilalui pada saat mudik Lebaran 2022. “Kami akan selesaikan berbagai perbaikan pada jalan tol yang dikelola sebelum momen mudik dimulai. Kami juga telah melakukan berbagai persiapan dan peningkatan pelayanan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan di di Gerbang Tol,” terang Koentjoro.

Lebih lanjut ia merincikan persiapan yang dilakukan meliputi peningkatan kapasitas gerbang tol, penambahan alat mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol, bekerja sama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk menyediakan kantong-kantong parkir agar tidak terjadi antrian di penyebrangan pelabuhan menuju Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan mengingat saat ini tiket kapal sudah melalui online, penambahan petugas siaga, memastikan Bahan Bakar Mentah (BBM) tercukupi, melakukan penambahan SPBU modular dibeberapa
tempat, menyediakan mobil ATM berjalan demi mempermudah transaksi pengguna jalan,
penambahan toilet portable, hingga penambahan pos kesehatan dan pos pantau yang bekerja sama dengan pihak kepolisian daerah setempat.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KemenPUPR Bersama OASE KIM Sosialisasikan Hidup Bersih

Kamis, 22 September 2022 | 20:06 WIB
X