• Selasa, 9 Agustus 2022

Bank Indonesia Resmikan Pasar Bangkal Sumenep Jadi Pasar Digital SIAP QRIS

- Kamis, 31 Maret 2022 | 06:21 WIB
Suasana peresmian Pasar Bangkal Sumenep menjadi pasar digital SIAP QRIS
Suasana peresmian Pasar Bangkal Sumenep menjadi pasar digital SIAP QRIS

SUARAKARYA.ID: Bank Indonesia meresmikan Pasar Bangkal Sumenep sebagai pilot project Pasar Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai QRIS (SIAP QRIS) pertama di tahun 2022. Sebanyak
130 pedagang di pasar digital itu nantinya, akan menerima pembayaran secara non tunai menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

Prosesi peresmian pasar digital ini melibatkan Bupati Sumenep Achmad Fauzi dan Direktur Bank Jatim, Tony Prasetyo. "Pasar Bangkal Sumenep secara resmi menjadi bagian dari Program Pasar SIAP QRIS yang secara nasional akan diimplementasikan di 408 Kabupaten/Kota," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, kemarin.

Dia menjelaskan bahwa program ini merupakan bentuk sinergi antara Bank Indonesia dengan Kementerian Perdagangan. Kedua belah pihak sepakat untuk mewujudkan ekosistem pasar digital di pasar rakyat dan pusat perbelanjaan sekaligus mendorong transaksi QRIS yang diklaim lebih higienis, mudah, dan aman untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional.

Baca Juga: Sebanyak 400 Pedagang Pasar Kapasan Sudah Aktifkan QRIS

Untuk memastikan PASAR SIAP QRIS berjalan lancar di Pasar Bangkal, Bank Indonesia memberikan dukungan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa fasilitas sarana prasarana digital untuk transaksi digital.

Kehadiran pilihan instrumen transaksi pembayaran secara non tunai serta dukungan Bank Jatim sebagai bank fasilitator transaksi non tunai diharapkan mampu mendukung kemudahan masyarakat Sumenep dalam berbelanja di Pasar Bangkal.

Sementara Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengapresiasi upaya Bank Indonesia Jatim dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Sumenep melalui digitalisasi pembayaran yang juga didukung oleh Bank Jatim. "Adanya sistem pembayaran digital dapat mendukung efisiensi transaksi di Kabupaten Sumenep," ujarnya.

Baca Juga: Beasiswa Bank Indonesia 2022 Dikucurkan Untuk 660 Mahasiswa Di Jawa Timur

Ke depan transaksi pembayaran non tunai akan terus diperluas di berbagai sektor untuk mendukung Optimis Jatim Bangkit. Peresmian Pasar SIAP QRIS di Pasar Bangkal bukan satu-satunya program Bank Indonesia.

Kegiatan Bank Indonesia itu juga dirangkai dengan kegiatan sosialiasi QRIS dan edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) rupiah. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan Pasar Murah Digital dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, yang para pembeli di pasar digital itu melakukan pembayarannya menggunakan QRIS.***

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Friktion Bersiap Luncurkan Strategi Baru Volt#5

Selasa, 9 Agustus 2022 | 06:36 WIB

KPPU Kanwil IV Tangani 13 Laporan Masyarakat

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:02 WIB
X