• Sabtu, 13 Agustus 2022

Groundbreaking Investasi Pabrik Kertas Berkelanjutan RAPP, Airlangga Harap Menumbuhkan Pusat Ekonomi Baru

- Rabu, 30 Maret 2022 | 16:29 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto groundbreaking investasi pabrik kertas berkelanjutan terbesar di Sumatera (Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto groundbreaking investasi pabrik kertas berkelanjutan terbesar di Sumatera (Kemenko Perekonomian)

SUARAKARYA.ID: Realisasi investasi produk kemasan berkelanjutan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau diharapkan dapat menumbuhkan pusat ekonomi baru di daerah, khususnya di Provinsi Riau.

Tumbuhnya pusat ekonomi baru itu menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto akan dapat menyerap tenaga kerja yang dapat memajukan kesejahteraan masyarakat daerah setempat, dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Apalagi, kata Menko Airlangga, pembangunan fasilitas baru yang berlokasi di Pangkalan Kerinci tersebut merupakan salah satu investasi manufaktur terbesar di Pulau Sumatera dalam kurun 10 tahun terakhir. Pembangunannya direncanakan akan selesai pada triwulan ketiga tahun 2023.

Baca Juga: Kemenperin Inginkan Isu Industri Dibahas Mendalam di TIIWGG 20, Wujud RI Masuk Top Ten Dunia

Menko Airlangga menyebut industri pulp and paper (kertas dan bahan kertas) menjadi salah satu sektor yang terus mengalami peningkatan utilitas di Indonesia.

Tercatat, pada Februari 2022, utilitas pulp and paper berada di angka 87,3 persen. Besaran ini menjadi tertinggi kedua setelah industri kulit, barang dari kulit, dan alas kaki.

Menko Airlangga menilai wajar jika industri kertas dan bahan kertas juga menjadi salah satu industri andalan ekspor Indonesia.

“Kinerja perdagangannya selama enam tahun terakhir selalu positif, dengan surplus terbesar di tahun 2020 senilai 4,1 miliar dolar AS,” tutur Airlangga Hartarto saat sambutan groundbreaking realisasi investasi produk kemasan berkelanjutan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: Digitalisasi Ekosistem Pasar Tradisional: Daya Saing Meningkat, Konsumen Meluas

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RUU PDP Wujud Pengembangan Ekonomi Digital

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:00 WIB

PJB Tanam 5000 Pohon Balangeran di Event HKAN

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:42 WIB
X