• Sabtu, 20 Agustus 2022

Produk IKM Bali Memesona Hati, Ganjar: Pemasaran Harus Didorong Lewat E-Katalog

- Minggu, 27 Maret 2022 | 21:32 WIB
Ganjar saksikan penenun Bali. (Istimewa)
Ganjar saksikan penenun Bali. (Istimewa)

 

SUARAKARYA.ID: Potensi Bali ternyata tidak hanya sebatas pada sektor pariwisatanya yang luar biasa. Apapun bisa menjadi elok disini. Bahkan produk Industri Kecil dan Menengah Bali, sangat memesona hati

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga sempat dibuat terpukau dengan aneka produk lokal saat mengunjungi pameran Industri Kecil dan Menengah (IKM) Bali Bangkit Tahap II/2022 di Gedung Ksirarnawa, Taman Werdhi Budaya Bali, Kota Denpasar, Bali, Minggu (27/3/2022).

Bersama isterinya, Siti Atikoh yang juga Ketua Dekranasda Jateng dan didampingi Ketua Dekranasda Bali Putri Suastini Koster, Ganjar melihat aneka produk mulai dari kain tenun, batik, hingga furnitur.

"Saya kagum dengan semua hasil karya di sini. Ada desain tradisional maupun modern. Bahkan beragam limbah saja bisa menjadi bagus,” katanya.

Baca Juga: Ganjar Diusulkan Kepala Desa Bangli Dijadikan Nama Bukit Hutan Bambu Di Bali

Ganjar juga sempat berbincang dengan sejumlah perajin kain yang sedang mempraktikkan proses tenun. Menurutnya, Bali punya kebijakan bagus dalam mendukung penggunaan produk lokal.

“Masyarakat Bali sendiri, banyak memakai produk lokal. Nah produk lokalnya apa? Baju ndek dipakai Selasa pakai ndek, di Jateng Selasa kita pakai lurik, sama. Rabu kita pakai batik. Kalau di sini baju adat hari kamis, sama juga kaya kita,” tuturnya.

Ganjar pun tak segan-segan mendorong agar Bali bisa meniru gaya Jateng yang memanfaatkan satu hari, yakni Kamis keempat setiap bulannya mengenakan baju adat nusantara. Sehingga akan lebih banyak produk lokal yang termanfaatkan.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Terkini

DPR Dorong UMKM Total Manfaatkan Ruang Digital

Jumat, 19 Agustus 2022 | 22:13 WIB

Rambah Kota Solo, Tokocrypto Luncurkan T-Hub Solo

Jumat, 19 Agustus 2022 | 21:10 WIB

Deri Protocol, Produk Derivatif Terbaru di DeFi

Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:40 WIB
X