• Minggu, 14 Agustus 2022

Pemerintah Subsidi Harga Minyak Goreng Curah Rp14.000 Per Liter, Kemasan Sesuai Nilai Keekonomian

- Rabu, 16 Maret 2022 | 16:40 WIB
Menko Ekon Airlangga Hartarto, Mendag Muhammad Lutfi, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Humas Setkab )
Menko Ekon Airlangga Hartarto, Mendag Muhammad Lutfi, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Humas Setkab )

SUARAKARYA.ID: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pemerintah memutuskan untuk menyubsidi harga minyak goreng curah sehingga masyarakat bisa mendapatkan dengan harga Rp14.000 per liter.

Hal itu disampaikan Menko Airlangga dalam keterangannya terkait hasil Rapat Terbatas (Ratas) tentang Kebijakan Distribusi dan Harga Minyak Goreng, yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/3/2022).

“Dengan memperhatikan situasi global, di mana terjadi kenaikan harga-harga komoditas, termasuk minyak-minyak nabati dan di dalamnya juga termasuk minyak kelapa sawit, maka pemerintah memutuskan bahwa pemerintah akan menyubsidi harga minyak kelapa sawit curah, itu sebesar Rp14.000 per liter," ungkap Airlangga.

Baca Juga: Ketua Aspataki Dukung Penuh Kredit Usaha Rakyat Pekerja Migran Indonesia

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) akan memberikan subsidi, agar masyarakat mendapatkan minyak goreng curah dengan harga Rp14.000,00 per liter. "Subsidi akan diberikan berbasis kepada dana dari BPDPKS,” ujar Airlangga dalam tayangan video di YouTube Sekretariat Presiden.

Sedangkan untuk minyak goreng kemasan, kata Menko Ekon, akan menyesuaikan dengan harga keekonomian. “Sehingga tentu kita berharap bahwa dengan nilai keekonomian tersebut, minyak sawit akan tersedia di pasar modern maupun di pasar tradisional ataupun di pasar basah,” ujarnya.

Ratas Kebijakan Distribusi dan Harga Minyak Goreng dilakukan untuk mengevaluasi ketersediaan minyak goreng dengan memperhatikan situasi dan perkembangan di seluruh daerah. Sekaligus, dalam upaya untuk penyediaan kebutuhan masyarakat terhadap komoditas minyak goreng.

Baca Juga: Wisata Waduk Logung, Pengelolanya Warga Yang Semula Penambang Pasir

Menurut Airlangga, pemerintah akan terus memperhatikan situasi penyaluran dan ketersediaan minyak goreng di Tanah Air.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

BTN Gelar KPR BTN Merdeka dalam IPEX 2022

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:18 WIB

FAO Bangga Indonesia Capai Swasembada

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:02 WIB

RUU PDP Wujud Pengembangan Ekonomi Digital

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X