• Rabu, 28 September 2022

Menperin AGK: Industri Otomotif Berkontribusi Menjaga Lingkungan Hijau

- Rabu, 16 Maret 2022 | 07:52 WIB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) menegaskan industri otomotif berkontribusi menjaga lingkungan hijau (AG Sofyan)
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) menegaskan industri otomotif berkontribusi menjaga lingkungan hijau (AG Sofyan)

   

SUARAKARYA.ID: Industri otomotif menjadi salah satu sektor yang mampu berkontribusi besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Hal ini ditopang dengan struktur manufaktur sektor tersebut di dalam negeri yang terintegrasi sehingga turut mendongkrak daya saing hingga ke kancah global.

"Industri otomotif juga akan mendukung komitmen utama dalam Presidensi Indonesia di G20 pada tahun ini, yakni isu yang terkait dengan transisi menuju energi yang berkelanjutan," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) saat membuka Jakarta Auto Week (JAW) 2022 di Jakarta, Selasa (15/3/2022).

Menperin AGK mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Indonesia mengedepankan langkah konkret dalam menghadapi isu lingkungan dan perubahan iklim. Dalam kaitannya dengan isu ramah lingkungan, Indonesia menargetkan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) pada tahun 2030 sebesar 29 persen secara mandiri atau 41 persen jika mendapat dorongan internasional.

Baca Juga: Kebijakan Hilirisasi Bukti Sektor Industri Otomotif Mampu Tembus Pasar Ekspor Baru di Aussie

”Salah satu yang mencerminkan leading by example adalah penggunaan electric vehicle dalam penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia untuk para official," ungkapnya.

Selain itu, telah dikeluarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 36 Tahun 2021 tentang Kendaraan Low Carbon Emission Vehicle (LCEV).

"Kami berharap pabrikan dapat melakukan percepatan produksi kendaraan emisi rendah karbon sehingga mendukung target pemerintah dalam menuju kendaraan yang ramah lingkungan," tegas Menperin AGK.

Baca Juga: Indonesia-Jepang Makin Perkuat Kerja Sama Industri Otomotif Digital

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Sumber: Humas Kemenperin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Kembali Turun

Rabu, 28 September 2022 | 06:39 WIB

Peringati HUT Ke-77, KAI Daop 8 Percepat Laju Kereta Api

Selasa, 27 September 2022 | 17:24 WIB

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Selasa, 27 September 2022 | 07:50 WIB

PLN Resmikan Desa Tematik di Sidoarjo

Senin, 26 September 2022 | 14:47 WIB
X