• Selasa, 7 Februari 2023

Menhub Tegaskan Layanan KRL Solo-Yogyakarta Akan Terus Ditingkatkan

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 20:44 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meluncurkan Kartu Multi Trip (KMT) di Stasiun Solo Balapan (Endang Kusumastuti)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meluncurkan Kartu Multi Trip (KMT) di Stasiun Solo Balapan (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Layanan Kereta Rel Listrik (KRL) Solo- Yogyakarta akan terus ditingkatkan. Rute KRL Solo-Yogyakarta dalam jangka lima tahun mendatang akan diperpanjang hingga Kutoarjo dan Madiun

Hal ini dikatakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat peluncuram Kartu Multi Trip (KMT) edisi satu tahun beroperasinya KRL Solo- Yogyakarta, di Stasiun Solo Balapan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2022).

"Tahap awal dalam waktu dekat KRL Solo-Yogyakarta sudah sampai ke Stasiun Jebres.
Setelah satu tahun, KRL sudah melayani 2,2 juta penumpang. Ini menunjukkan jumlah yang banyak dengan headway setiap setangah jam," jelas Menhub.

Sedangkan headway KRL di Jakarta setiap lima menit. Sehingga nanyi, menurut Menhub  dari setengah jam ke lima menit ada enam kali lipat maka akan ada banyak lagi masyarakat yang menggunakan angkutan massal tersebut.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Hadiri Jumenengan Mangkunegara X

Menhub juga mengatakan angkutan Kereta Api (KA) adalah angkutan merger yakni harus bisa dikoordinasikan dan disambung dengan moda transportasi umum lainnya. 

"Seperti di Solo, pihaknya akan terus mengembangkan Terminal Tirtonadi dan mengembangkan angkutan massal ke Bandara Adi Soemarmo Solo. Di Jogja juga dikoordinasikan dengan angkutan umum dari Stasiun Tugu atau ke Bandara YIA  (Yogyakarta Internasional Airport)  dan sebagainya. Karena angkutan massal ini akan menjadi andalan bagi masyarakat saat ini dan mendatang," jelasnya lagi.

Menhub berharap ke depan KRL Solo-Yogyakarta bisa seperti KRL Jabodetabek dimana dalam satu hari melayani 1,2 juta orang. 

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KemenPUPR Tangani Kerusakan Bendung Oesao, Kupang

Senin, 6 Februari 2023 | 06:11 WIB

Pemerintah Siap Gelar Kick Off Meeting WWF ke 10

Sabtu, 4 Februari 2023 | 22:07 WIB

SBI Tuban Raih Penghargaan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 21:16 WIB

Kerja Keras BRI Tuai Kesuksesan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:16 WIB

KPLP Butuh Peningkatan Sarana dan Prasarana

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:59 WIB
X