• Sabtu, 24 September 2022

KKP Gelontorkan Rp37,53 M Untuk Peningkatan Perikanan Riau

- Rabu, 9 Maret 2022 | 19:05 WIB
Plt BKIPM Hari Maryadi menerima kunjungan Komisi IV DPR RI di Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) di Pekanbaru (Sadono)
Plt BKIPM Hari Maryadi menerima kunjungan Komisi IV DPR RI di Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) di Pekanbaru (Sadono)

SUARAKARYA.ID: Demi percepat penerapan konsep ekonomi biru, di tahun 2022 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan anggaran sebesar Rp37,53 miliar untuk mendorong peningkatan sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Riau.

"Khusus BKIPM, kita mendapat alokasi 8,1 miliar dalam rangka pengendalian mutu, karantina ikan serta standarisasi sistem dan kepatuhan," terang Plt BKIPM, Hari Maryadi saat menerima kunjungan kerja Komisi IV DPR RI di kantor Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Pekanbaru, Senin (7/3).

Menurut Hari, dengan dukungan sarana dan prasarana yang dikelola dengan baik serta komitmen dari KKP, Provinsi Riau memiliki potensi yang sangat strategis untuk menjangkau pasar Malaysia dan Singapura dengan produk perikanan seperti Udang Vaname, Kakap Putih, Kerang-kerangan dan Kepiting Bakau.

Baca Juga: Ganjar Telepon Menteri KKP, Nelayan Tegal Kesulitan Mengurus Izin Melaut

Menyoroti potensi sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Riau, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi mengingatkan pengelolaan yang baik juga bukan berarti mengeksploitasi sumber daya ikan sebanyak-banyaknya tanpa mempertimbangkan aspek keberlanjutan.

"Oleh karena itu, kunjungan kerja ini bertujuan untuk melihat dan memastikan secara langsung di lapangan," terang Dedi.

Menurutnya, potensi dan peluang yang sangat besar tersebut akan percuma jika tidak dimanfaatkan dan dikelola dengan baik dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai serta komitmen para stakeholder utamanya KKP.

Sependapat dengan Dedi, menurut Hari selama ini konsep kebijakan penangkapan terukur serta budidaya dengan konsep ekonomi biru menjadi komitmen seluruh rekan-rekan di KKP yang melibatkan berbagai pihak termasuk petugas BKIPM Pekanbaru.

Baca Juga: Ujang Komarudin: Tuntutan Rakyat Minta Menteri KKP Diganti

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

KemenPUPR Bersama OASE KIM Sosialisasikan Hidup Bersih

Kamis, 22 September 2022 | 20:06 WIB
X