• Kamis, 18 Agustus 2022

Resmikan Jalan Tol Manado, Ruas Danowudu-Bitung, Jokowi: Kirim Logistik Jadi Mudah

- Minggu, 27 Februari 2022 | 14:23 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Menado, Ruas Danowudu-Bitung . (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.)
Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Menado, Ruas Danowudu-Bitung . (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung seksi Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sulawesi Utara, Jumat, 25 Februari 2022. Jalan tol yang diresmikan ini merupakan seksi akhir dari Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer.

"Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, sore hari ini, Jalan Tol Manado-Bitung seksi Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer telah rampung dan telah selesai," kata Presiden Jokowi mengawali sambutannya di Gerbang Tol Bitung, Kecamatan Maesa, Kota Bitung.

"Dengan demikian, seluruh Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara," ujarnya dalam tayangan video di YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: BTB Layani Korban Terdampak Gempa Pasaman Barat

Menurut Kepala Negara, seperti disampaikan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, jalan tol ini memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya 1,5 jam sampai 2 jam, sekarang, 35 menit. "Tapi, enggak ngebut. Kalau ngebut, saya kira 30 menit sampai," ucapnya.

Presiden menjelaskan, jalan tol ini praktis akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, mobilitas orang dari Manado ke Bitung, Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung. Rencananya, jalan tol tersebut nantinya akan diarahkan untuk menuju ke Likupang apabila Likupang betul-betul sudah selesai semuanya.

Lebih jauh Presiden berharap dengan pembangunan jalan tol ini akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Hingga berdampak, pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara kembali melebihi dari nasional karena tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca Juga: Jokowi Lanjutkan Proyek MRT Jakarta Terowongan Bawah Tanah Fase 2 HI Menuju Kota

"Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan, dengan mengucap 
bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini, saya resmikan Jalan Tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer," ungkap Presiden Jokowi mengakhiri sambutannya.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

X