• Jumat, 20 Mei 2022

PLN Siap Tancapkan 49 Tower SUTET Di TN Baluran

- Jumat, 28 Januari 2022 | 13:31 WIB
Jajaran TN Baluran dan PLN saat memaparkan rencana pembangunan proyek strategis nasional di Situbondo.
Jajaran TN Baluran dan PLN saat memaparkan rencana pembangunan proyek strategis nasional di Situbondo.

SITUBONDO: PT PLN (Persero) memastikan kesiapan rencana pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) yang akan melintasi Taman Nasional Baluran (TN Baluran). Kesiapan itu merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) dengan Taman Nasional Baluran (TNB) pada November tahun lalu.

Usai kesepakatan, dilakukan pula persetujuan Rencana Pelaksanaan Program (RPP) beserta Rencana Kerja Tahunan (RKT). "Kami menyadari, Proyek Strategis Nasional (PSN) PLN ini akan sangat bermanfaat bagi keandalan listrik di Pulau Jawa dan Bali," ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TN Baluran, Endarto, Jum'at (28/1/2022).

Di area TN Baluran ini nantinya akan dibangun 49 tower listrik milik PLN di wilayah TN Baluran. Tapi tetap ada jaminan bahwa pembangunan dan keberadaan puluhan tower itu tidak akan mengganggu keutuhan, kelestarian dan manfaat kawasan serta optimalisasi Pengelolaan TN Baluran.

Baca Juga: PLN Beri Pemahaman Tentang Rencana Pembangunan Transmisi JBC 500 KV Yang Menggunakan Kabel Laut

SUTET yang akan dibangun untuk peningkatan keandalan listrik ini berkapasitas 500 kV yang akan melintasi Paiton-Watudodol/Kalipuro. Endarto memastikan komitmen dari Balai TNB dalam mendukung pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang merupakan Proyek Strategis Nasional.

Taman Nasional Baluran adalah salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo. Proyek Strategis Nasional itu nantinya akan dibangun di area hutan jati yang merupakan kawasan penyangga, sehingga kecil kemungkinan satwa penghuni taman nasional itu yang masuk ke area tersebut.

Pihaknya berharap, kolaborasi akan semakin baik dengan adanya PKS yang ditandatangani November tahun lalu. PKS ini berlaku selama 5 tahun dalam rentang 2021-2026. Pihaknya juga telah menyetujui RPP dan RKT yang merupakan tindak lanjut dari PKS terkait.

Baca Juga: Banyak Genangan, PLN Ingatkan Bahaya Listrik

Rapat berkala dan komunikasi secara intensif, kata dia, selalu dilakukan terkait pelaksanaan tindak lanjut PKS yang pastinya juga akan memperlancar pembangunan PSN.

Halaman:

Editor: Andira

Tags

Terkini

Bank DKI Raih Penghargaan TOP BUMD 2022

Kamis, 19 Mei 2022 | 19:29 WIB
X