• Senin, 27 Juni 2022

Warga Papua Dan Papua Barat Jadikan BRI Sebagai Bank Andalan

- Selasa, 25 Januari 2022 | 17:11 WIB
Kantor Kanwil BRI Jayapura (Humas BRI Kanwil Jayapura)
Kantor Kanwil BRI Jayapura (Humas BRI Kanwil Jayapura)

JAYAPURA: Masyarakat Papua dan Papua Barat bersyukur atas kehadiran  PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membangun perekonomian warga kecil seperti UMKM daerah ini.

 Keunggulan utama BRI  saat ini, termasuk salah satu bank yang berkiprah hingga ke pedesaan Papua dan Papua Barat.

"Bagaimana kami tidak tergiur menabung di BRI. Bayangkan bunga kredit yang saya bayar hanya 3 persen. Padahal di lembaga keuangan lain saya sampai tak mampu mengembalikan pinjaman pokok dan bunga," kata Ignasius Kambuaya kepada suarakarya.id, di Sorong Papua Barat Selasa (25/1/2022).

Papua dan Papua Barat adalah daerah potensial pertanian. Perikanan dan pariwisata. Terutama pertambangan minyak gas (Migas), emas, nikel  dan lainnya.

Baca Juga: Timnas Putri Indonesia Butuh Dukungan Mental Bangsa Indonesia

Sejumlah hasil alam Papua itu membutuhkan lembaga perbankan seperti BRI.


PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) seperti diketahui, mendapatkan alokasi sebesar Rp260 triliun atau 70 persen dari total kredit usaha rakyat (KUR) nasional yang akan disalurkan pada 2022.

"BRI sebagai bank dengan portofolio UMKM terbesar ini optimistis akan dapat mencapai target KUR 2022 hingga akhir tahun," kata Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto dalam keterangan resmi, beberapa hari lalu.

Ia mengungkapkan bahwa berbagai strategi telah dirancang untuk memenuhi target penyaluran KUR 2022 sehingga pihaknya optimistis kapasitas dan kemampuan BRI dapat mengantarkan perseroan mencapai target penyaluran KUR tersebut.

Baca Juga: Warga Diimbau Bantu Turunkan Angka Penularan Covid 19

“Selama ini BRI terus menjalankan strategi untuk mewujudkan business process yang optimal dan efisien. Keduanya terbukti berhasil mendukung upaya BRI dalam menyalurkan kredit di segmen mikro, termasuk KUR,” ungkapnya.

Di samping itu, BRI juga menerapkan digitalisasi untuk menyalurkan kredit sehingga lebih efisien dan tepat sasaran. Dengan memanfaatkan keunggulan informasi dan teknologi, BRI mampu menjaga bottom line yang solid dengan return yang optimal.

Optimisme BRI dalam menyalurkan KUR tahun ini didasarkan pada realisasi penyaluran KUR sepanjang tahun 2021. Hingga akhir Desember 2021, BRI berhasil menyalurkan KUR senilai Rp194,9 triliun kepada 6,5 juta debitur.

Baca Juga: Sidang Komisi Penilai Amdal Di Hall BPU Sejahtera, Saumlaki Maluku

"Jumlah tersebut mencapai 99,65 persen dari kuota KUR yang ditetapkan oleh pemerintah dan dialokasikan kepada BRI tahun 2021, yakni sebesar Rp195,59 triliun," kata Catur.

Penyaluran KUR BRI sepanjang 2021 tersebut juga tercatat naik 40,7 persen year on year dibandingkan dengan penyaluran per Desember 2020 yang mencapai sebesar Rp138,5 triliun.

BRI pun mencatat jumlah nasabah baru untuk KUR Mikro mencapai 61persen dari total nasabah hingga Desember 2021. Sementara itu, pada saat yang sama, nasabah baru KUR Supermikro mencapai 97,6 persen.

Jumlah yang besar tersebut menunjukkan keberhasilan BRI dalam melaksanakan Program Revitalisasi Mantri yang membuat pelayanan lebih efektif. Catur menambahkan, BRI terus berupaya memperluas cakupan dan potensi di wilayah kerja yang selama ini belum tergarap.

Baca Juga: Ibu Linda Terpilih Jadi Ketua Muallaf Center Sorong Bersama Dua Wakilnya

Menurutnya, sebaran KUR BRI juga terus meningkat dimana pada tahun 2019 sebanyak 5,4  dari 100 orang masyarakat Indonesia mendapatkan fasilitas KUR BRI.

Pada tahun 2021 sebaran tersebut meningkat menjadi rata-rata 8,7 dari 100 orang mendapatkan fasilitas KUR dari BRI.

Dari sisi sektor ekonomi, BRI telah menyalurkan KUR sektor produksi sebesar 56,16 persen. Berturut-turut paling besar adalah di sektor perdagangan sebesar Rp85,4 triliun, sektor pertanian Rp61,1 triliun, dan sektor industri pengolahan Rp19,5 triliun.

Baca Juga: Siapa Saja Yang Melanggar Hukum Harus Diproses Sesuai Pelanggarannya

Ke depan, BRI terus berfokus pada segmen mikro sebagai core utama pertumbuhan pinjaman KUR, dengan menyalurkan kredit ke sektor produktif, upaya tersebut diharapkan dapat memperkuat pemulihan ekonomi nasional.

Dengan demikian diharapkan masyarakat Papua dan Papua Barat menjadikan BRI sebagai lembaga keuangan andalan daerah ini. ***

Sumber: BRI Jayapura






Editor: Yacob Nauly

Tags

Terkini

Bank DKI Dukung Malam Puncak Jakarta Hajatan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:53 WIB
X