• Senin, 27 Juni 2022

KUR Award 2021, Menko Airlangga: Pemerintah Kembali Tingkatkan Plafon KUR menjadi Rp373,17 triliun

- Rabu, 19 Januari 2022 | 19:25 WIB
Beri penghargaan KUR, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sampaikan arah pengembangan UMKM di masa mendatang agar berdaya saing Tinggi (Menko Perekonomian)
Beri penghargaan KUR, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sampaikan arah pengembangan UMKM di masa mendatang agar berdaya saing Tinggi (Menko Perekonomian)

JAKARTA: Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bak mendayung dua pulau terlewati pada acara KUR Award 2021 di Jakarta.

Pada acara itu para pemenang selain mendapat penghargaan juga kabar menggembirakan dalam pelaksanaan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun 2022.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan keynote speech dalam acara KUR Award 2021, Selasa (18/1/2022), itu mengabarkan,  peningkatan plafon KUR dan memperpanjang tambahan subsidi bunga KUR.

“Tahun 2022 ini, Pemerintah kembali meningkatkan plafon KUR menjadi Rp373,17 triliun dan memperpanjang tambahan subsidi bunga KUR 3% sehingga suku bunga KUR 3% berlanjut hingga akhir Juni 2022,” kata Menko Airlangga.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga menyampaikan beberapa hal untuk pengembangan UMKM pada masa yang akan datang.

Pertama, kepada Lembaga Penyalur agar memberikan kemudahan dan memperluas akses pembiayaan kepada UMKM sesuai dengan Peraturan Menko Perekonomian (Permenko) terkait KUR.

Kedua, Menko Airlangga meminta agar Pemerintah Daerah mengunggah data UMKM yang potensial pada Sistem Informasi Kredit Program.

Ketiga, Kementerian/Lembaga diharapkan dapat membuat petunjuk teknis pemberian KUR di sektornya masing-masing yang sejalan dengan Permenko tersebut.

Keempat, agar setiap K/L dan Pemda membuat program korporatisasi UMKM antara lain dengan program one village one product dengan pola pengelolaan secara cluster yang basis pembiayaannya menggunakan KUR khusus.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Terkini

Bank DKI Dukung Malam Puncak Jakarta Hajatan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:53 WIB
X