• Jumat, 7 Oktober 2022

Menko Airlangga Berikan Asa dan Optimisme Warga, Subsidi Tetap Berlanjut di 2022

- Sabtu, 1 Januari 2022 | 23:59 WIB

JAKARTA: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan kabar menggembirakan kepada masyarakat untuk tetap optimis dalam menghadapi tantangan di tahun 2022 saat Indonesia masih harus berjibaku melawan Covid-19, dengan munculnya Varian Omicron.

Selain upaya keras dan cerdas yang dilakukan Pemerintah untuk menyelamatkan rakyat dan menyehatkan dari pandemi Covid-19, Pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin juga menggelar program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk membangkitkan ekonomi masyarakat.

Menko Perekonomian Airlangga menyebut ada beberapa stimulus baru yang masuk dalam program PEN bakal bergulir di awal tahun ini.

Program baru tersebut, ungkap Menko Airlangga, sudah disetujui Presiden Jokowi untuk berlanjut di tahun 2022. Keempat program ini meliputi subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga pemberian bantuan kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) dan warung, sebagai program lanjutan dari tahun 2021.

"Bapak Presiden menyetujui ada beberapa program baru yang di-frontloading di tahun 2022," ungkap Airlangga kepada wartawan di awal tahun 2022 di Jakarta, Sabtu (1/1/2022).

Program baru sebagai afirmasi negara kepada rakyatnya, antara lain:

1. Subsidi Bunga KUR

Mantan Menteri Perindustrian ini menyebutkan, pemerintah bakal melanjutkan subsidi bunga KUR sebesar 3 persen. Selain itu, plafonnya juga bertambah dari Rp285 Triliun di tahun 2021 menjadi Rp378 Triliun di tahun 2022. Kemudian, Cost of Fund diturunkan sebesar 1 persen untuk KUR Super Mikro, 0,5 persen untuk KUR Mikro, dan 0,5 persen untuk KUR Kecil.

"Namun masyarakat akan tetap diberikan 3 persen sampai bulan Juni dengan catatan tidak ada migrasi dari kredit komersial ke KUR. Jadi kita tidak ingin ada semacam kanibalisme. Tepatnya hanya menggeser saja dari komersial ke KUR," jelas menteri senior di Kabinet Jokowi dua periode ini.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Terkini

X