• Selasa, 25 Januari 2022

Kementan Ajak Milenil Raup Uang Dari Bisnis Hortikultura

- Senin, 6 Desember 2021 | 10:45 WIB

BANJARBARU: Hortikultura merupakan salah satu sub sektor pertanian yang potensial dan didorong untuk meningkatkan kesejahteraan petani, ekonomi daerah, ekonomi nasional serta meningkatkan devisa negara melalui ekspor. Untuk itu, Kementerian Pertania mengajak petani milenial untuk menggarap sektor ini.  

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan sektor hortikultura sangat menjanjikan untuk peningkatan devisa, sekaligus kesejahteraan rakyat. 

Menurutnya perlu keseriusan dan kerjasama semua pihak Selain itu, kemandirian petani perlu ditingkatkan. Perlu dihitung dari budidaya sampai dengan industri dan pasar. 

"Kedepan harus ada daerah sentra-sentra komoditas, dengan ditanganinya hulu sampai hillir. Dengan cashflow dan perencanaan yg baik semuanya akan berjalan dengan baik dan menguntungkan bagi petani," jelas SYL. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi,  mengatakan bahwa generasi muda harus mampu melanjutkan pembangunan pertanian dengan sebaik-baiknya. 

"Dalam masa Covid-19 ini, banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha pertanian milenial khususnya di bidang produksi on-farm," ujar Dedi Nursyamsi. 

Untuk mengenalkan peluang pasar hortikultura dan meningkatkan peran generasi milenial pada sektor hotikultura, Kementerian Pertanian (Kementan) melaluu BPPSDMP menggelar Millenial Agriculture Forum (MAF) edisi ke-XVIII dengan mengangkat tema 'Raup Cuan Dari Bisnis Hortikultura' secara daring Sabtu (4/12/2021).

Dengan mengundang narasumber  dari para pengusaha sektor hortikultura sukses, Yuli Anjarwati (Owner Amanah Borneo Park, Kota Banjarbaru) dan Umar Dani (CV.Kambat Jaya, Kabupaten Barito Kuala). 

"Mau Cuan, Yuk Bisnis Pertanian", ungkap  Yuli Anjarwati. Dalam paparannya ia menjelaskan kiat sukses dalam mengelola usahanya. 

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa SH

Terkini

Kementan Perluas Pasar Dan Maksimalkan Pelatihan

Minggu, 23 Januari 2022 | 08:39 WIB

Petani Dan Penyuluh Kunci Sukses Pembangunan Pertanian

Minggu, 23 Januari 2022 | 08:32 WIB

Rapat Kerja Bank BTN Tahun 2022

Jumat, 21 Januari 2022 | 16:08 WIB
X