• Selasa, 25 Januari 2022

Tingkatkan Pendapatan, Kementan Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan

- Jumat, 3 Desember 2021 | 09:41 WIB

GORONTALO: Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang menghasilkan pangan tambahan untuk keluarga. 

Pasalnya, dari lahan pekarangan bisa dihasilkan sayur sehat, tanaman obat dan tanaman lainnya yang dapat digunakan untuk konsumsi keluarga.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, perlu adanya perubahan cara berpikir di masyarakat.

"Memperkuat itu satu diantaranya ubah mindset. Dampak pandemi ini di sekitar kita yang kena PHK atau tidak adalah bertani, sayurannya bisa dipetik 20 hari, 1 bulan, 3 bulan seperti tomat dan cabai," ujarnya.

Mentan Syahrul menjelaskan, masyarakat bisa menggunakan sedikit lahan di area rumahnya, tidak perlu luas, untuk menanam sayuran.

"Karena itu di sekitar rumah, bertani satu meter kali kali satu meter bisa dapat Rp 500 ribu per bulan dan tidak keluar uang beli sayur," katanya.

Bahkan kalau sudah dalam skala lebih luas, dia menambahkan, masyarakat bisa meraih omzet hingga ratusan juta dan bisa diekspor.

"Kalau diformat lebih bagus sesuai permintaan ekspor, bisa ekspor. Dua tahun ke depan dunia butuh komoditas pertanian dari negara kita," katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi,  memberikan motivasi kepada para Penyuluh untuk mendampingi masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan. 

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa SH

Terkini

Kementan Perluas Pasar Dan Maksimalkan Pelatihan

Minggu, 23 Januari 2022 | 08:39 WIB

Petani Dan Penyuluh Kunci Sukses Pembangunan Pertanian

Minggu, 23 Januari 2022 | 08:32 WIB

Rapat Kerja Bank BTN Tahun 2022

Jumat, 21 Januari 2022 | 16:08 WIB
X