• Selasa, 25 Januari 2022

Tingkatkan Kapasitas Akademisi, Kementan Bersama UNPAD Dan IPB Tandatangani Nota Kesepahaman

- Rabu, 1 Desember 2021 | 15:47 WIB

LEMBANG: Untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia pertanian, diperlukan kerjasama, sinergi dan kolaborasi antar lembaga. Termasuk pihak akademisi guna menunjang agribisnis yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Mendukung hal itu, Kementerian Pertanian, melalui BPPSDMP, menandatangani kerja sama dengan Universitas Padjadjaran (UNPAD), Fakultas Teknologi Industri Pertanian, serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB, Rabu (1/12/2021). 

Ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia pertanian melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Perjanjian kerjasama antara BPPSDMP dengan IPB dan UNPAD berlangsung selama 2 tahun.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan pertanian memiliki peran penting dan strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

"Di masa pandemi covid-19, hanya sektor pertanian yang mengalami pertumbuhan yang positif, ditunjukkan dengan meningkatnya produktivitas dan ekspor produksi pertanian serta penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian,” jelas SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menyampaikan hal senada.

“Kunci keberhasilan peningkatan produksi komoditas pertanian adalah peningkatan produktivitas melalui dukungan sarana, prasarana, inovasi teknologi, regulasi dan SDM Pertanian yang kompeten,” kata Dedi. 

Menurutnya, teknologi pertanian dan SDM pertanian merupakan dua sisi yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. 

"Teknologi pertanian modern dicirikan lebih cepat, produktivitas tinggi dan memanfaatkan teknologi Informasi," terangnya. 

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Terkini

Kementan Perluas Pasar Dan Maksimalkan Pelatihan

Minggu, 23 Januari 2022 | 08:39 WIB

Petani Dan Penyuluh Kunci Sukses Pembangunan Pertanian

Minggu, 23 Januari 2022 | 08:32 WIB

Rapat Kerja Bank BTN Tahun 2022

Jumat, 21 Januari 2022 | 16:08 WIB
X