• Selasa, 25 Januari 2022

Gandeng 3 Perusahaan Besar, Kementan Tingkatkan Kualitas SDM

- Rabu, 1 Desember 2021 | 14:09 WIB

LAMPUNG: Kualitas SDM pertanian terus ditingkatkan Kementerian Pertanian. Di Lampung, Kementan menggandeng 3 perusahaan besar sebagai upaya peningkatan SDM, termasuk para petani milenial.

Melalui berbagai program, termasuk  YESS, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak generasi muda untuk meningkatkan potensi serta kemampuannya dalam sektor pertanian. Sektor pertanian merupakan sektor yang menjanjikan dan menghasilkan.

“Pertanian itu seksi, pertanian itu potensial, pertanian itu menjanjikan. Maka tak ada alasan bagi kalian untuk ragu menekuni sektor pertanian”, tegas Mentan Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengatakan semangat jadi kunci generasi muda termasuk petani serta wirausaha pertanian milenial untuk terus produktif. 

"Tentu, kita harus tahu iklim kita dan pasar apa yang tepat untuk masyarakat kita," katanya. 

Pada pembukaan kegiatan Studi Banding Program Youth Enterpreneur and Employment Support Services (YESS) yang dilaksanakan di Provinsi Lampung (27/11),  Dedi menjelaskan penentu peningkatan produktivitas petani bukan hanya pupuk dan alat pertanian, tetapi  juga ada SDM sangat menentukan.

“Indonesia mengalami  bonus demografi  yang dicirikan dengan  dominannya jumlah penduduk usia produktif. Generasi milenial tumbuh bersamaan dengan perkembangan teknologi  informasi, sehingga memiliki kreatifitas dalam segala aspek kehidupan” tambahnya.

Dedi menjelaskan saat ini Kementerian Pertanian (Kementan) memiliki lebih dari 2000 Duta Petani Milenial (DPM)/ Duta Petani Andalan (DPA) yang akan menjadi role model bagi generasi muda lainnya. 

Pada kegiatan Studi Banding antar provinsi, program YESS mengajak pelaksana kegiatan baik di tingkat provinsi (PPIU), Kabupaten (DIT) serta perwakilan DPM/DPA mengunjungi PT. Great Giant Pineaple (GGP) dan PT. Louis Dreyfus Company Indonesia (LDC) yang berada di provinsi Lampung.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Terkini

Kementan Perluas Pasar Dan Maksimalkan Pelatihan

Minggu, 23 Januari 2022 | 08:39 WIB

Petani Dan Penyuluh Kunci Sukses Pembangunan Pertanian

Minggu, 23 Januari 2022 | 08:32 WIB

Rapat Kerja Bank BTN Tahun 2022

Jumat, 21 Januari 2022 | 16:08 WIB
X