• Minggu, 3 Juli 2022

LPPM Universitas Trilogi Dorong Techno-Sociopreneur Muda Kreatif, Jadikan Ekonomi Indonesia Bangkit

- Selasa, 23 November 2021 | 06:26 WIB
Kepala Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Dr. Aty Herawati dan kegiatan webinar Goes To Schools yang mengangkat tema:
Kepala Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Dr. Aty Herawati dan kegiatan webinar Goes To Schools yang mengangkat tema:

JAKARTA: Tak cukup hanya menjadi entrepreneur, tapi generasi muda Indonesia harus siap dan mampu menjadi Techno-Sociopreneur. Yaitu, entrepreneur yang memiliki penguasaan teknologi dan mampu memanfaatkannya dalam memberikan dampak positif pada lingkungan sekitarnya.

Rektor Universitas Trilogi, Prof. Mudrajad Kuncoro, PhD, menjelaskan setiap perguruan tinggi membangun jenis entrepreneur masing-masing, baik dalam riset, inovasi, maupun kewirausahaannya.

"Kalau ITB mereka fokus membangun Technopreneur. Kalau UGM mereka fokus membangun Sociopreneur. Kalau di Universitas Trilogi, kita membangun Techno-Sociopreneur, dengan paradigma seorang pengusaha harus menguasai teknologi dan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya," ungkap Prof Mudrajad dalam webinar yang dihelat Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Trilogi dalam rangkaian Goes To Schools di Jakarta, Senin (22/11/202).

Sehingga, lanjutnya, para generasi muda bisa memiliki orientasi bagaimana mereka mengisi kemerdekaan yang diperjuangkan oleh para pejuang dan founding father bangsa.

"Sebagai contoh, kita bisa melihat Start Up Unicorn Gojek, yang tumbuh dari pengamatan seorang Nadiem pada kondisi kemacetan kota. Akhirnya, dampak yang terlihat bukan hanya pada naiknya omset seperti yang diakui oleh 43 persen UMKM yang bergabung dalam aplikasi Gojek ini tetapi juga perubahan pendapatan dan kesejahteraan dari para pengemudi Gojek. Artinya, bermula dari sekedar pengamatan dan analisa, pada akhirnya memberikan dampak positif kepada masyarakat luas," tutur Rektor Universitas Trilogi.

Webinar yang mengangkat tema: "Menjadi Techno-Sociopreneur Muda Kreatif : Ekonomi Indonesia Bangkit" ini dibuka oleh Ketua YPPIJ, Prof. Dr. Arissetyanto Nugroho, MM, dengan sambutan pembuka Rektor Universitas Trilogi Prof. Mudrajad Kuncoro, PhD, dilanjutkan sambutan berikutnya oleh Amin Fathurokhman selaku Ketua Komunitas Berguru. Sedangkan narasumber adalah: Maulidian, S.Hut.,M.M (Dosen Universitas Trilogi dan CEO. CV. Mamifood Sukses Abadi/CMO Dihijabin Indonesia, Irwan Tamrin. S.E.,M.Par (Founder & CEO Ounting.id) yang adalah Alumni Mahasiswa Manajemen Universitas Trilogi dan Fujika Lestari, S.E (Founder & Bussines Development Ayoexport.com) yang juga Alumni Mahasiswi Ekonomi Pembangunan Universitas Trilogi.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua YPPIJ, Prof. Dr. Arissetyanto Nugroho, MM, yang menyatakan harapan akan hadirnya generasi bangsa yang mampu terlibat aktif dalam pengembangan ekonomi merupakan suatu tantangan pada institusi pendidikan.

"Salah satunya, langkah Jumat Beli Lokal yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta. Harapannya tentu bukan hanya nasi uduk tapi juga ragam produk dengan kualitas tinggi. Ini kan tantangan bagi institusi pendidikan menengah dan tinggi dalam menciptakan entrepreneur muda yang kreatif dan berdampak positif bagi ekonomi sekitarnya," kata Prof Aris.

Ia menyebutkan target dari pendidikan entrepreneur ini adalah para lulusan perguruan tinggi.

Halaman:

Editor: AG. Sofyan

Terkini

X