• Minggu, 26 Juni 2022

Harpelnas, BPJS Ketenagakerjaan Gresik Kunjungi Pesertanya Di Rumah sakit

- Rabu, 8 September 2021 | 05:09 WIB
Para pejabat BPJS Ketenagakerjaan Gresik saat berada di RS Petrokimia.
Para pejabat BPJS Ketenagakerjaan Gresik saat berada di RS Petrokimia.

GRESIK: Peringatan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2021 dimanfaatkan jajaran BPJS Ketenagakerjaan Gresik untuk menyerap masukan dari para pesertanya. Selain menggelar perayaan, mereka juga mendatangi para pesertanya yang mengalami kecelakaan dan sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Petrokimia Gresik.

Menurut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Gresik, Muhammad Imam Saputra, upaya itu dilakukan agar pelayanan mereka dari tahun ke tahun menjadi lebih baik. "Jumlah peserta kita terus meningkat, ekspektasi juga terus meningkat. Kami berupaya untuk melayani kebutuhan mereka itu menjadi lebih baik," ujarnya, Selasa (7/9/2021).

Kepada para peserta yang dikunjunginya dia meminta masukan. Kalau dirasa belum memuaskan, dia berharap diberi masukan layanan macam apa yang sebetulnya dikehendaki para pesertanya.

Selama perayaan Harpelnas, pihaknya menyapa para pesertanya yang sedang menerima pelayanan secara online maupun yang datang di kantor cabang. Mereka diberi layanan spesial, termasuk pemberian souvenir dan baragam produk UMKM binaan BPJS Ketenagakerjaan yang ada di Gresik tersebut.

Tak cukup dengan itu, BPJS Gresik juga memanfaatkan momen itu untuk memberikan santunan serentak kepada 9 ahli waris para perangkat desa yang belum lama meninggal dunia. Pemberian santunan yang melibatkan Wakil Bupati Gresik Hj Aminatun Habibah ini digelar di Kantor Pemkab setempat, pada sore harinya.

Menurut Imam, saat Gresik terkena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, pihaknya menutup semua layanan offline dan menggantikannya dengan Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik). Saat status sudan turun ke level 2 seperti sekarang, pihaknya mulai berancang-ancang untuk menyesuaikan layanan dengan kondisi terkini.

Sementara BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim terus memantau seluruh cabang, agar layanana mereka dari hari ke hari semakin membaik. "Saat momen Harpelnas ini kami juga berusaha menunjukkan juga kepada masyarakat, bahwa kita terus berbenah. Melakukan evaluasi untuk memberi pelayanan yang mereka harapkan," ujar Senior Analis BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim,  Heri Purwanto yang menghadiri Harpelnas di Gresik.

Dari evaluasi yang dia lakukan, kapasitas pelayanan saat online ternyata jauh lebih banyak daripada saat menggunakan layanan offline. Dia menyebut grafik layanan offlina yang dalam kondisi normal misalnya hanya mampu melayani 10 orang, sekarang meningkat menjadi 20 orang.***

Editor: Markon Piliang

Terkini

X