• Senin, 27 Juni 2022

Kinerjanya Ciamik, Industri Kosmetik Brand WardahTerapkan Prokes Secara Apik

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 07:37 WIB
Menperin AGK bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin mendampingi Menkormarinves Luhut B Panjaitan meninjau keberlangsungan produksi industri kosmetika
Menperin AGK bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin mendampingi Menkormarinves Luhut B Panjaitan meninjau keberlangsungan produksi industri kosmetika

JAKARTA: Pemerintah bertekad untuk menjaga kinerja sektor industri di tengah masa pandemi agar tetap menjadi penopang utama dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, selain mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing di sektor industri, saat ini juga perlu dilakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat di lingkungan dan ekosistem industri sehingga terhindar dari penyebaran Covid-19.

Pada triwulan II tahun 2021, industri manufaktur merupakan sumber pertumbuhan tertinggi terhadap kinerja ekonomi, dengan kontribusi sebesar 1,35%. Sektor manufaktur juga mencatatkan pertumbuhan positif sebesar 6,91% meskipun mengalami tekanan akibat pandemi Covid-19.

“Salah satu kebijakan pemerintah supaya industri masih dapat beroperasi dengan baik di masa pandemi saat ini adalah melalui pemberian Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI),” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) di Jakarta, Rabu (11/8/2021).

Menperin menegaskan, pihaknya aktif menyosialisasikan Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2021 tentang IOMKI pada Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19.

“Pada SE Menperin 3/2021 terdapat kewajiban pelaporan yang lebih efektif,” ujarnya.

Beleid tersebut menyebutkan bahwa perusahaan yang memiliki IOMKI wajib menyampaikan laporan pelaksanaan operasional dan mobilitas kegiatan industri secara berkala dua kali dalam satu minggu, pada hari Selasa dan Jumat, secara elektronik melalui portal Sistem Informasi Industri Nasional atau SIINas (siinas.kemenperin.go.id).

“Sektor industri yang termasuk katagori kritikal dan esensial dapat beroperasi dengan menerapkan prokes di lingkungan pabrik masing-masing dan melaporkannya penerapannya ke Kemenperin secara berkala,” jelas Menperin AGK.

Menperin AGK bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meninjau keberlangsungan produksi industri lokal di tengah masa pandemi dan memantau penerapan protokol kesehatannya.

Perusahaan yang disambangi para Menteri Kabinet Indonesia Maju ini adalah PT Paragon Technology and Innovation, produsen kosmetik yang mengusung brand tersohor, yang dikenal dengan nama, Wardah.

Halaman:

Editor: AG. Sofyan

Terkini

Bank DKI Dukung Malam Puncak Jakarta Hajatan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:53 WIB
X