• Sabtu, 1 Oktober 2022

Indonesia Surplus USD20 Miliar, Gubernur BI Apresiasi Kemendag

- Sabtu, 9 Januari 2021 | 16:17 WIB
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga (ist)
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga (ist)

JAKARTA: Bank Indonesia (BI) mengapresiasi Kementerian Perdagangan (Kemendag) terhadap stabilitas moneter nasional.

Hal tersebut disampaikan kepada Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga kepada Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dalam silaturahmi virtual kedua pejabat beberapa waktu yang lalu.

"Pak Perry mengatakan bahwa kinerja Kemendag dalam perdagangan luar negeri di tahun 2020 cukup baik. Surplus Indonesia bisa mencapai hampir USD20 miliar, berkontribusi positif dalam menjaga devisa Indonesia," kata Wamendag Jerry Sambuaga dalam keterangan resminya pada Jumat (8/1/2021).

Politisi Partai Gokar itu mengatakan, kinerja perdagangan luar negeri sangat positif dampaknya khususnya di tengah iklim ekonomi yang belum menentu, serta dampak pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung setahun terakhir.

Kedua pejabat menilai bahwa koordinasi, komunikasi dan sinergi antara kebijakan fiskal dan moneter harus diperkuat untuk mengantisipasi kondisi yang penuh tantangan ini.

"Bank Indonesia selalu kompak bersinergi dengan Pemerintah, termasuk Kementerian Perdagangan. Kita ingin agar kita bisa melakukan mitigasi dalam bidang ekonomi dengan baik. Terima kasih pak wamen atas supportnya selama ini," kata Gubernur BI.

Jerry menilai BI telah melakukan tugas sangat baik dalam rangkaian kebijakan pemerintah menghadapi Pandemi Covid-19. Ia pun balas mengapresiasi Gubernur Bank Indonesia atas capaian itu.

"Tidak mudah menjaga stabilitas moneter dalam kondisi seperti itu. Kami tentu berterima kasih atas apresiasi Bank Indonesia kepada Kementerian Perdagangan. Kami juga sepakat untuk terus meningkatkan koordinasi dalam rangka saling support," ujar Wamendag.

Jerry berharap pada 2021, kondisi ekonomi akan makin membaik. Kementerian Perdagangan bertekad untuk menggenjot dan memperluas pasar ekspor ke berbagai negara sasaran.

Halaman:

Editor: Laksito Adi Darmono

Terkini

Pemerintah Turunkan Harga BBM Jenis Pertamax

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:40 WIB

Masih Banyak Pelaku UMKM di Boyolali Enggan Ajukan KUR

Jumat, 30 September 2022 | 21:48 WIB
X