• Sabtu, 1 Oktober 2022

Batang Wujudkan Kawasan Industri Terpadu Dengan Jaminan Tertib Ukur

- Kamis, 7 Januari 2021 | 16:08 WIB
Bupati Batang Wahiji saat talkshow bersama Direktur Metrologi, Rusmin Amin, Kamis (7/1/2021).
Bupati Batang Wahiji saat talkshow bersama Direktur Metrologi, Rusmin Amin, Kamis (7/1/2021).

BATANG (Suara Karya): Guna menjamin kebenaran hasil pengukuran, penakaran dan penimbangan untuk melindungi kepentingan umum, pelayanan tera dan tera ulang terhadap alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya (UTTP) dilakukan oleh seluruh Unit Metrologi Legal.

Untuk tahun 2021 ini, pelaksanaan pelayanan tera dan tera diawali dari Kabupaten Batang, ditandai dengan simbolis pembubuhan tanda tera oleh Bupati Batang di sela acara Talkshow, Kamis (7/1/2021).

“Pelayanan tera dan tera ulang merupakan bagian dari upaya untuk menciptakan tertib ukur dimana perlindungan konsumen menjadi tujuan akhirnya. Pada hari ini, pelayanan tera dan tera ulang khususnya di Kabupaten Batang dimulai dan diharapakan dari Kabupaten Batang, pelayanan tera dan tera ulang di daerah lain di seluruh wilayah Indonesia. Bersama-sama kita capai tertib ukur,” ujar Bupati Batang, Dr. H. Wihaji. 

Direktur Metrologi, Rusmin Amin menambahkan pelayanan tera dan tera ulang yang dilakukan oleh Unit Metrologi Legal di seluruh wilayah Indonesia merupakan salah satu komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat Indonesia. 

Dia berharap situasi pandemi Covid-19 ini, tidak mengurangi semangat untuk mewujdukan perlindungan konsumen dan tertib niaga melalui penyelenggaraan pelayanan tera dan tera ulang serta pengawasan di bidang metrologi legal.

Bupati menyebutkan, Pemkab Batang mempersiapkan diri dalam membangun Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang yang salah satu upayanya adalah meningkatkan peran Unit Metrologi Legal Kabupaten Batang dalam memberikan pelayanan kemetrologian sehingga ketertiban dalam pengukuran, penakaran, dan penimbangan dapat terwujud serta ketepatan hasil pengukuran juga dapat dicapai. 

“Pemkab Batang semangat dalam mendorong bagaimana ukuran, takaran, dan timbangan menjadi hal yang penting sehingga tidak hanya memberikan perlindungan kepada masyarakat tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi perekonomian Kabupaten Batang,” ujar Wihaji.

Disebutkan, keterpaduan antara pemangku kepentingan di Kabupaten Batang dalam rangka mendukung kawasan industri terpadu batang mendorong munculnya kepercayaan masyarakat dan juga pelaku usaha. "Pemerintah Daerah memiliki komitmen untuk membangun hal tersebut," ujarnya.

Direktur Metrologi Rusmin Amin menambahkan Unit Metrologi Legal Kabupaten Batang dari sisi metrologi ke depan akan berkembang dengan adanya Kawasan Industri Terpadu Batang. 

Halaman:

Editor: Laksito Adi Darmono

Terkini

Pemerintah Turunkan Harga BBM Jenis Pertamax

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:40 WIB

Masih Banyak Pelaku UMKM di Boyolali Enggan Ajukan KUR

Jumat, 30 September 2022 | 21:48 WIB
X