Jadi Klaster Inovasi Kemenristek/BRIN, Pelabuhan Rembang Kembangkan Kapur Dan Garam

- Selasa, 25 Agustus 2020 | 00:00 WIB
Mindo Sitorus selaku Dirut PT Pelabuhan Rembang Kencana  yang juga Ketua ABUPI Korwil Jateng memaparkan kinerja korporasi pengelola Pelabuhan Rembang yang telah melakukan joint operation agreement dengan Soletanche Bachy International dari Vinci Grup
Mindo Sitorus selaku Dirut PT Pelabuhan Rembang Kencana yang juga Ketua ABUPI Korwil Jateng memaparkan kinerja korporasi pengelola Pelabuhan Rembang yang telah melakukan joint operation agreement dengan Soletanche Bachy International dari Vinci Grup

JAKARTA: Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) menggelar Webinar The Series 2020, mengangkat tema: Ports & Terminal Partnership, Seri 3 Wilayah Jawa, Sabtu (22/8/2020)

Seminar secara virtual untuk kesekian kali ini merupakan kegiatan rutin ABUPI dalam rangka menjalin silaturahim antarpara pemangku kepentingan pelabuhan dan menjadi ajang bertukar informasi antar-anggota ABUPI.

Ketua Umum ABUPI, Aulia Febri mengatakan dari hasil diskusi nasional ini diharapkan bisa segera diimplementasikan connecting ports antar-anggota ABUPI atau pelabuhan-pelabuhan non-Pelindo di seluruh Indonesia. Termasuk kerja sama pertukaran informasi tentang kapal, cargo, operating system, investor, serta saling melengkapi kekosongan dan kelebihan kapasitas pelabuhan masing-masing, termasuk kemungkinan untuk bekerja sama antar-pelabuhan.

Antusiasme peserta Webinar juga terkait kehadiran beberapa narasumber dari otoritas yakni Arif Toha selaku Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya dan Djunaidi sebagai Kepala KSOP Kelas 1 Tanjung Mas Semarang.

Sedangkan bertindak sebagai narasumber dari para pengelola pelabuhan di Jawa, yakni Mindo Sitorus mewakili PT Pelabuhan Rembang Kencana (PRK) yang berlokasi di Sluke, Rembang (Jateng), Ahmad Umar dari PT Delta Artha Bahari Nusantara (DABN) di Probolinggo (Jatim), Bambang Djoko mewakili PT Lamongan Integrated Shorebase di Lamongan (Jatim), Marianus Oei representasi dari PT Siam Maspion Terminal (SMT) di Gresik (Jatim) serta I Putu Sukadana mewakili PT Berlian Manyar Sejahtera (BMS) di Manyar, Gresik (Jatim).

Selain dihadiri Ketua Umum ABUPI, Aulia Febri dan Sekjen Liana Trisnawati, Ketua ABUPI Korwil Jawa Timur, Agus Edi Sumanto, Webinar dimoderatori oleh Ariyanto Wibowo selaku WKU Bidang Organisasi dan Regulasi ABUPI.

Salah satu Anggota ABUPI yang mengelola Pelabuhan Rembang Terminal Sluke yakni PT Pelabuhan Rembang Kencana pada Desember 2019 lalu telah melakukan achievement dengan keberhasilan mendapatkan calon investor dari Perancis.

“Kami telah menandatangani joint operation agreement dengan Soletanche Bachy International dari Vinci Group, sebuah perusahaan konstruksi berskala internasional yang sangat berpengalaman dalam pembangunan pelabuhan,” ungkap Mindo Sitorus, Dirut PT Pelabuhan Rembang Kencana.

Mindo Sitorus yang juga Ketua ABUPI Korwil Jateng menyebut telah menyiapkan dana sebesar EUR 100 Juta atau sekitar Rp1,55 Triliun untuk biaya pengembangan pelabuhan Kendal dan Rembang.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Terkini

INPP Optimis Pendapatan Perseroan Tumbuh 20-25 Persen

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:18 WIB

Capaian Investasi NTB 2022 Tembus Rp21 Triliun

Kamis, 26 Januari 2023 | 16:18 WIB
X